Sukses

Pil KB untuk Nyeri Haid

14 Jun 2017, 09:43 WIB
Wanita, 20 tahun.

Assalamualaikum.. Selamat pagi dokter. Saya mau tanya, kenapa ya dok, tiap sayah haid rasanya itu nyeri banget, sampe nggak bisa ngapa²in. Dulu pernah haid nyeri banget dari perut, naik kedada, sampai dada, naik ketenggorokan, terus nggak lama, saya muntah2. Pas saya lihat muntahnya kayak campur sama darah sedikit. Saya kira itu darah dari gigi saya yg berlubang, ternyata bukan. Saya mengalami muntah² seperti itu sudah 3x tiap haid hari pertama. Dulu pernah di bawa ke klinik di USG ternyata nggak ada apa2. Tapi malah dikasih obat PIL KB, padahal saya belum menikah. Memang ada ya dok, hubungannya pil KB dengan gejala menstruasi saya yg seperti itu? Tolong dijawab ya dok, terimakasih :)

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri haid melalui fitur Tanya Dokter

Apakah haid anda sering tidak teratur ? Berjumlah sedikit atau berjumlah sangat banyak ? Apabila iya mungkin anda mengalami gangguan hormon. Tujuan dari pemberian pil KB adalah untuk menormalkan hormon anda, sehingga haid bisa kembali lancar. Selain itu, pemberian obat KB dan obat anti nyeri seperti ibuprifen, asam mefenamat, natrium diklofenak, dapat mengurangi nyeri haid.

Apabila dengan pengobatan tersebut nyeri tidak hilang, maka kemungkinan ada penyebab lain. Penyebab tersering nyeri haid (dismenorea) adalah endometriosis, kista ovarium, leiomyoma, peradangan pada organ didalam panggul, dll. 


Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar nyeri haid, Semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar