Sukses

Pemberian Antibiotik Pada Bayi

14 Jun 2017, 02:45 WIB
Pria, 27 tahun.

Assalmmu'alaikum dok.... Saya mau tnya tentang pemberian obat pada balita yg msih berusia 14bulan. Ini terjadi pada temen saya yg sellu ngasih anaknya obat amoxilin 500mg tpi pemberiannya 1 kablet di bgi 4... untuk rentang waktu lama ada efek sampingnya gak dok.... Terima kasih. Wa'alaikum salam....

Terima kasih telah bertanya seputar pemberian antibiotik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pemberian obat selalu didasarkan dengan tujuan pemberiannya, efek samping yang mungking terjadi, dosis yang sesuai, dan berat badan penderita. Bila berat badan sesuai, maka pemberian obat yang dibagi tersebut masih bisa benar. Yang perlu diperhatikan adalah ANTIBIOTIK HANYA DIKONSUMSI DI BAWAH PENGAWASAN DOKTER. Antibiotik tidak boleh dikonsumsi bebas. Penggunaan antibiotik yang tidak diawasi dokter dapat menimbulkan resistensi kuman, yang berarti kuman tidak dapat diobati oleh antibiotik kebanyakan. 

Pemberian antibiotik pun tidak bisa terlalu lama. Pada konsumsi antibiotik lama, umumnya 7-10 hari, akan muncul kondisi bernama antibiotic associated diarrhea (AAD) atau diare yang disebabkan oleh antibiotik. Pada kondisi tertentu antibiotik yang dikonsumsi turut membunuh bakteri baik yang terdapat di dalam usus, padahal bakteri ini bertugas membunuh mikroba yang tidak diinginkan. Selain itu bisa juga antibiotik ini mengganggu proses metabolisme sehingga penyerapan asam lemak rantai pendek menjadi berkurang dan memicu diare. Beberapa obat antibiotik yang bisa menyebabkan diare atau AAD umumnya adalah golongan penicillin, clindamycin, cephalosporins, quinolones dan tetracyclines. Namun penggunaan obat ini memiliki reaksi yang berbeda-beda antar individu.

Jika antibiotik terus menerus dikonsumsi, maka gejala ringan yang muncul bisa menjadi lebih berat karena jumlah bakteri baik di dalam usus semakin berkurang. Gejala berat yang muncul meliputi sakit perut, demam, diare berair hingga darah dalam feses.

Sebaiknya bila terjadi keluhan pada bayi, konsultasikan kondisi Bayi ke dokter spesialis Anak untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pemberian antibiotik. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar