Sukses

Nyeri Perut Bawah Setelah Pemasangan IUD

14 Jun 2017, 01:52 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok, 2taun lalu saya pasang iud, dan 2minggu yg lalu pas hari pertama puasa keluar flek lendir merah ke hitaman, setelah itu perut bawah sering sakit seperti tertusuk gitu, knp ya dok?

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Metode kontrasepsi IUD (Spiral) memang dapat memberikan efek samping berupa rasa nyeri, perdarahan, penyesuaian siklus haid selama beberapa bulan pertama dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Efek samping yang terjadi bervariasi terjadinya, dan sangat individual, ada yang berat dan ada yang ringan. Pemakaian KB IUD juga memerlukan kontrol dalam waktu yang teratur yaitu 1 bulan pasca pemasangan, 3 bulan kemudian, setiap 6 bulan berikutnya dan bila terlambat haid 1 minggu.

Nyeri perut akibat penggunaan IUD umumnya terjadi pada beberapa bulan pertama setelah pemasangannya. Nyeri ini terjadi pada saat haid dan dirasakan di area perut bawah. Sekalipun IUD bergeser, tetap saja nyeri akan dirasakan di perut bawah karena posisi rahim tidak akan berubah. Kecuali bila IUD bergeser hingga keluar rahim, dapat menimbulkan nyeri perut di lokasi selain perut bawah. Namun ini merupakan kasus yang sangat jarang dan kalaupun terjadi pasti nyeri yang dirasa sangat sakit dan tidak terkait haid.

Apakah terdapat keluhan-keluhan lain yang menyertai nyeri perut Anda, seperti apa pemicu nyerinya? Hal-hal apa yang meringankan atau memberatkan nyeri perut yang terjadi? Apakah ada keluhan mual, muntah, gangguan buang air kecil atau air besar?

Untuk menentukan penyebabnya perlu pemeriksaan yang menyeluruh. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter apabila keadaan ini membuat Anda khawatir. Terlebih, bila Anda khawatir akan posisi IUD yang bergeser, sebaiknya datangi dokter kebidanan Anda untuk dilakukan USG perut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar