Sukses

Paha Anak Bengkak Setelah Imunisasi
14 Jun 2017, 01:52 WIB
Wanita, 35 tahun.

Selamat siang dok saya mau nanya anak saya usia 4 bulan kemaren senin imunisasi DPTdiposyandu ini sudah yg ke2x suntik DPT tapi kenapa pahanya jadi bengkak keras gitu yah dok padahal sudah 1 minggu???waktu yg pertama tidak bengkak dok tolong penjelasannya dan bagai mana cara mengobatinya??anaknya si tidak rewel dok

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

kami memahami kekhawatiran Anda. Seperti obat yang bisa memiliki efek samping pada orang tertentu, pada anak yang diimunisasi juga dapat terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Pada imunisasi DPT, dapat terjadi KIPI yang ringan atau KIPI yang serius.

KIPI ringan (non serius), antara lain terjadi demam, bengkak di lokasi suntikan, merah di lokasi suntikan muntah
KIPI serius, antara lain tidak mau menetek/minum, kejang, pucat/biru, sesak nafas, muntah berlebihan, demam tinggi (> 39) lebih 1 hr, menangis terus-menerus > 3 jam, kesadaran menurun, anafilaktik, dan abses
KIPI yang ringan ini nantinya akan hilang dengan sendirinya. KIPI yang serius butuh penanganan dokter, namun kejadiannya sangat jarang.

Apa yang dialami anak Anda dapat merupakan KIPI dari imunisasi DPT dan kemungkinan besar akan hilang dengan sendirinya.

saran Kami kompres dilokasi yang bengkak dengan menggunakan kassa steril dibubuhi dengan rivanol. Apabila setelah 1-2 hari bengkak tidak juga mereda, segera konsultasi kembali ke Dokter Anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar