Sukses

Mimpi Terasa Terlalu Nyata

14 Jun 2017, 01:17 WIB
Pria, 19 tahun.

Selamat siang dok, saya seorang mahasiswa. Sejak smp hingga sekarang saya sering mendapatkan mimpi yang terlalu nyata, terutama mimpi menjadi target pembunuhan. Mimpi itu terlihat begitu jelas, saya bisa merasakan sakit, panik, membau, melihat warna, bahkan mengecap. Terkadang saya sadar bahwa itu mimpi terkadang jg tidak. Dan pernah beberapa kali setelah saya terbangun dan tidur lagi mimpi tersebut berlanjut. Setelah saya search di google ternyata itu sejenis lucid dream. Akan tetapi setiap saya akan menjadi target pembunuhan pelaku memanggil saya dengan nama yang berbeda (bukan nama asli yang saya gunakan). yang ingin saya tanyakan apakah hal tersebut normal atau terdapat gangguan dalam kejiwaan atau pun otak saya dok. Terimakasih.

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.


Hingga kini dalam dunia medis masih belum ada yang dapat menjelaskan secara pasti hubungan mimpi dengan kehidupan sehari-hari manusia. Namun asumsi sementara oleh sebagian ahli adalah mimpi merupakan cerminan aktivitas pola pikir dan kegiatan sehari-sehari.

Semua peristiwa didalam hidup terekam dalam otak. Ketika rekaman tersebut terputar kembali di alam mimpi, sangat tergantung dari faktor intesitasnya, bagaimana kuatnya, bagaimana jumlahnya rekaman-rekaman kejadian di otak kita menentukan apakah kita cukup terpengaruh oleh pengalaman-pengalaman kita itu. Oleh sebab itu, proses mimpi yang dialami bukanlah suatu hal yang berbahaya karena sebenarnya merupakan cerminan aktivitas otak. Sejauh ini Anda tidak perlu merasa khawatir dengan kebiasaan Anda bermimpi.

Ada kalanya mimpi dikaitkan dengan stres atau terlalu banyak memikirkan sesuatu. Oleh sebab itu kami sarankan Anda untuk menghindari stres dan jangan memikirkan suatu hal berlarut-larut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

1 Komentar

  • Tio******yo

    kalo saya sih pada saat mengalami lucid dream aku hampir tidak tahu cara bangun dari tidur itu membuat saya sedikit sangat panik dan ternyata cara supaya bisa bangun itu mudah yaitu dengan membentur kepala saya