Sukses

Hasil Rontgen Paru

14 Jun 2017, 01:17 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok saya mau tnya hasil ronsenan saya menunjukan hasil sbb .radiografi thorax pa menunjukkan ada nya suspek kp lama duplex aktif, perlu dipertimbangkan(bagaimana klinis dan lab) .tidak tampak kardiomegali Tlong ya dok mksud dari analisis ini apa, sya skit apa dan saya tindak lanjut nya harus gmna

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Duplex aktif artinya terdapat infeksi di kedua paru. KP dikenal dengan nama "Koch Pulmonum" nama lainnya adalah tuberkulosa paru (TBC) yang terjadi di kedua paru. KP Duplex aktif artinya penyakit tersebut sedang aktif dan dapat menular.

Tuberkulosis adalah penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh kuman kelompok Mycobacterim tuberculosis. Cara penularan penyakit ini melalui droplet yang dikeluarkan oleh penderita TB yang dalam udara yang dapat bertahan dalam suhu kamar (25-30o). Orang dapat terinfeksi apabaila droplet tersebut terhirup dalam saluran pernapasan.

Gejala Klinis

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru adalah;

Batuk-batuk yang produktif ³ 3 minggu
Batuk berdarah
Sesak nafas
Nyeri dada
Lemah, letih
Berat badan menurun
Nafsu makan menurun
Berkeringat pada malam hari
Demam yang tidak tinggi
Penatalaksanaan

Terapi dilakukan dengan pemberian OAT (Obat Anti Tuberkulosis). OAT harus diberikan dalam kombinasi sedikitnya dua obat yang bersifat bakterisid (isoniazid dan rifampicin) dengan atau tanpa obat ketiga. OAT yang tersedia adalah Isoniazid (H), Rifampicin (R), Etambutol (E), Streptomicin (S), Pirazinamid (Z). Kepatuhan pasien sangat penting untuk kesembuhan total dari kuman Tuberkulosis.

Pengobatan biasanya diberikan dalam 6 bulan pertama terlebih dahulu. Lalu akan dilakukan kembali pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang kembali untuk mengetahui apakah setelah terapi dilakukan pasien tersebut mengalami perbaikan. Jika tidak ada, pengobatan akan diteruskan kembali.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar