Sukses

Kulit Gatal Setelah Melahirkan

14 Jun 2017, 00:52 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, saya menderita gatal2, sudah ada sejak 2bulan pasca melahirkan anak ke 2, saya 5x ke dokter kulit, tp gatal masih sering datang dan meradang, saya minum ctm tapi gatal ngak pergi lalu saya minum methylon radangan pd kulit hilang bgitu juga dg gatal, gatal apakah saya dok, statusku skrg ibu menyusui, baguskah saya sering minum obat itu untuk bayi saya?

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Selama hamil, kulit perut akan teregang akibat ukuran perut/rahim yang semakin membesar. Regangan kulit tersebut dapat memicu iritasi dan timbulnya gatal. Selain itu perubahan hormonal yang terjadi selama hamil dan pasca persalinan juga dapat menimbulkan reaksi alergi yang menimbulkan ruam dan gatal. Urtikaria atau biduran adalah ruam atau bilur pada kulit yang muncul akibat peningkatan zat histamin di bawah permukaan kulit yang menimbulkan rasa gatal. Bentol atau bilur dapat muncul dalam berbagai ukuran dan lokasi yang berbeda-beda. Bisa menghilang dari satu bagian dan muncul di bagian tubuh lain yang mana setelah menghilang kulit akan kembali normal. Akan tetapi, untuk memastikan masalah kulit yang terjadi, dokter perlu melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat bentuk ruam, daerah penyebaran, dan kondisi kulit sekitarnya serta bila diperlukan akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah atau tes alergi pada kulit. Hal ini disebabkan selain urtikaria/biduran, terdapat kondisi lain yang dapat menyebabkan bentol dan gatal seperti: dermatitis, infeksi kutu, infeksi jamur, kulit kering, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bila gatal yang dirasakan semakin hebat dan menyebar ke daerah tubuh lain, mengganggu aktivitas sehari-hari, atau membuat Anda khawatir, sebaiknya konsultasi dan periksakan diri ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Beberapa tips yang dapat dilakukan di rumah antara lain:

Hindari menggaruk terlalu kuat (sampai luka) daerah yang bentol dan gatal untuk mencegah timbulnya infeksi sekunder
Hindari zat yang dapat memperberat gatal seperti debu, udara dingin
Oleskan lotion calamine untuk mengurangi gatal
Hindari mandi dengan air hangat/panas
Gunakan pakaian yang longgar dan tidak ketat
Konsumsi obat pereda nyeri yang aman digunakan oleh ibu menyusui sesuai dengan dosis anjuran dokter

Penggunaan antihistamin apapun seperti cetirizine atau ctm selama menyusui diperbolehkan karena tidak menimbulkan efek ke bayi. Sedangkan metylon dapat dihentikan apabila gejala sudah tidak terlalu berat, walaupun pada penelitian, tidak ada bukti yang menunjukkan, terdapat efek samping yang dapat ditimbulkan ke bayi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar