Sukses

Bagaimana Menghilangkan Bekas Alergi Pada Kulit?

14 Jun 2017, 00:46 WIB
Wanita, 45 tahun.

Dokter. .gara2 sy makan ayam potong/telur/ikan asin,wajah sy jd alergi merah2,kering & kusam.sy sdh minum obat alergi sm memakai cream tp ruam2 di wajah ga hilang2 n kulit ttp kusam & kering.prtanyaan sy,,bagaimana spy kulit wajah sy bs kenyal & mulus kembali?

Terima kasih telah bertanya seputar bekas alergi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah yang dimaksud dengan ruam di wajah Anda? Apakah ruam tersebut masih berwarna merah dan/ atau keluar nanah? Apakah ruam sudah menjadi bekas kehitaman?

Bila ruam tersebut masih merah, maka kondisi kulit Anda masih dalam keadaan akut / baru. Maka kami sarankan tetap menggunakan obat-obatan alergi yang sudah diberikan dokter. Bahkan bila terjadi keluarnya nanah, maka ini menandakan adanya proses infeksi sekunder, yang dapat disebabkan karena digaruk, dll. Bila terjadi infeksi sekunder, maka dibutuhkan penambahan obat antibiotik yang dapat berbentuk obat oles atau minum.

Bila yang Anda maksud ruam sudah berubah menjadi bekas kehitaman, pada keadaan ringan, bekas kehitaman dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas kehitaman. Bekas hitam juga bbisa dihilangkan menggunakan scrub, sebuah produk yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan meluruhkan sel mati penyebab kulit kering dan atau kusam. Scrub digolongkan menjadi 2 bagian besar, mengandung butiran dan tidak mengandung butiran. Mengingat proses alami pergantian kulit terjadi selama 14-21 hari, kami sarankan Anda untuk tidak menggunakan produk ini lebih dari satu kali setiap 2 minggu agar lapisan pelindung kulit tidak terkikis.

Selain itu, bekas kehitaman dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat, dan apabila masih ada tanda-tanda peradangan seperti yang Anda alami biasanya akan ditambahkan krim anti radang yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas kehitaman yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat memperburuk kondisi.

Terkait dengan kondisi kulit kusam dan kering yang Anda alami, anjuran saya adalah:

  • Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas
  • Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan.
  • Hindari mandi atau berendam terlalu lama
  • Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja.
  • Gunakan pelembab sesudah mandi
  • Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering.
  • Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya.
  • Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit.
  • Banyak minum air putih
  • Dengan meminum air putih, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih
  • terutama jika Anda berada pada ruangan yang berpendingin.
  • Konsumsi makanan yang mengandung omega 3
  • Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit.
  • Makanan - makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji - bijian, walnut, minyak bunga matahari.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan Anda untuk konsul dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas kehitaman, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis krim, cairan kimia dan tindakan dengan konsentrasi / kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bekas alergi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar