Sukses

Gigi Geraham Tumbuh Setengah

14 Jun 2017, 00:29 WIB
Pria, 18 tahun.

assalamualaikum dok, saya mau tanya. gigi geraham kesatu saya kok pertumbuhannya tidak sempurna ya dok, hanya tumbuh setengah. jadi kelihatannya seperti ompong, itu penyebabnua apa ya? dan bagaimana saya mengatasinya. terimakasih dok.

Terimakasih telah bertanya seputar gigi geraham tumbuh setengah melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, bahwa gigi geraham kesatu tumbuh tidak sempurna hanya separuh. Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit bahwa gig geraham kesatu rahang bawah tumbuh di usia 6 tahun. Apakah gigi tersebut yang tumbuh setengah? Jika iya maka perlu dilakukan pemeriksaan rontgen panoramic untuk melihat keadaan gigi seluruhnya, agar dapat ditemukan penyebabnya.

Ataukah gigi geraham tersebut adalah gigi geraham bungsu? Gigi geraham bungsu atau molar 3 tumbuh paling akhir dan terletak paling belakang. Sangat banyak kasus-kasus gigi molar tiga tumbuh bermasalah seperti terhalang tulang (impaksi) atau tumbuh dengan posisi yang tidak benar seperti miring dan lainnya. Pada sebagian besar kelainan pertumbuhan menyebabkan timbulnya rasa sakit luar biasa hingga tidak dapat membuka mulut, atau ada juga yang tidak timbul keluhan sama sekali. Terdapat juga gigi molar 3 yang hanya tumbuh sebagian sehingga gusinya juga terbuka sebagian dan membentuk celah. Adanya celah ini menyebabkan makanan mudah terjebak dan sulit dibersihkan hingga seringkali gusi di daerah mahkota gigi yang baru tumbuh sebagian tersebut bengkak dan sakit sekali.

Pada kondisi yang seperti Anda alami saat ini sebaiknya adalah tetap menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi Anda agar tidak beresiko terhadap terjadinya infeksi sekunder dan juga segera memeriksakannya ke dokter gigi. Pada sebagian besar kasus gangguan pertumbuhan gigi geraham bungsu maka terapi yang direkomendasikan atau dilakukan adalah berupa pencabutan gigi tersebut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi geraham tumbuh setengah, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar