Sukses

Bercak Cokelat Darah Haid

13 Jun 2017, 23:51 WIB
Pria, 28 tahun.

Assalamu alaikum. Dok saya mau bertanya.saya haid pada bulan januari dan baru Beberapa hari ini ad bercak coklat di celana dalam saya. Ap akah it darah haid?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormon sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Pada masa-masa itu merupakan variasi normal yang terjadi karena kurang baiknya koordinasi hormonal pada awal terjadinya menstruasi pertama dan menjelang terjadinya menopause, sehingga timbul gangguan keseimbangan hormon dalam tubuh. Disamping itu, haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada:

-Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)
-Stress dan depresi
-Sakit kronik
-Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
-Penurunan berat badan berlebihan
-Olahraga berlebihan, misal atlit
-Adanya tumor yang melepaskan estrogen
-Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
-Penggunaan obat-obatan tertentu
-dsb

Jumlah menstruasi yang sedikit dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda dapat keadaan tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama menstruasi pada siklus mendatang. Jika jumlah haid sedikit umumnya tampak seperti bercak kecoklatan.

 

Jika keluhan memburuk, kami sarankan Anda menemui dokter Anda untuk pemeriksaan dan tata laksana lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar