Sukses

Mengatasi Nyeri pada Tulang Kering Akibat Terbentur

13 Jun 2017, 23:05 WIB
Wanita, 7 tahun.

hai dok... seminggu yang lalu anak saya terbentur tulang keringnya, 3 hari tidak bisa jalan tapi sekarang sudah bisa berjalan kembali namun di bagian tulang bawah lutut masih terasa sakit jika di bawa berjalan atau di tekan, tidak ada memar atau pun luka yang lainnya.. selama ini hanya di kasih jahe dan minyak tawon saja.. apa yang harus saya lakukan dok, agar anak saya bisa berjalan kembali secara normal dan tulang nya tidak sakit lagi?? mohon bantuannya dok terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri tulang kering melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Tulang kering yang terbentur rentan mengalami memar dan nyeri. Ini akibat tulang kering tidak banyak diselubungi oleh otot dan bantalan lemak. Ketika terjadi benturan, akan terasa sangat sakit sebab akan langsung bersentuhan dengan lapisan periosteum tulang (lapisan terluar) yang sangat banyak persarafan.

Dari riwayatnya sepertinya tidak ada cedera berarti pada anak Anda, termasuk patah tulang. Hanya saja, rasa nyerinya membuatnya sulit berjalan. Untuk mengurangi memar dan nyeri, Anda dapat melakukan 'RICE', yaitu:

  • Rest.Istirahatkan lutut Anda sebisa mungkin, jangan berikan beban/aktivitas yang berlebihan.
  • Ice. Gunakan kompres es batu yang dibungkus handuk selama 20 menit, beberapa kali sehari. 
  • Compression. Untuk mencegah bengkak dan memar yang berlebihan, gunakan perban elastis.
  • Elevation. Untuk mengurangi bengkak, elevasi/angkat daerah yang cedera agar lebih tinggi dari jantung pada saat Anda istirahat. Bila letaknya di lutut, ganjal sendi lutut Anda dengan bantal agar lebih tinggi.

Memar akan hilang dengan sendirinya. Warnanya akan berubah seiring penyembuhannya. Bermula dari warna merah - biru keunguan - dan kelamaan akan menguning tanda akan sembuh.

Bila rasa sakit tak tertahankan, berikan anak ibuprofen atau parasetamol.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri tulang kering. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar