Sukses

Keringat Dingin, Batuk, dan Kurang Nafsu Makan

13 Jun 2017, 23:04 WIB
Pria, 43 tahun.

Assalamualaikum warrahmatullah .. sekamat pagi dok . Mohon maaf saya ingin bertanya tentang beberapa keadaan yg dialami oleh ayah saya . Beliau sering kali merasakan badan beekeringat lebih namun dalam kondisi tubuh yg dingin . Gejala lain yg dirasakan ayah saya juga batuk , perut terasa sakit sehingga kurang nafsu untuk makan , dan juga beberapa kali mengalami eneg perut atau mual . Yg mau saya tanyakan apakah kira kira yg dialami ayah saya ?? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sudah berapa lama ayah Anda mengalami hal ini? Bagaimana ciri batuk yang dialami? Apakah berdahak? Apakah disertai darah?

Keluhan batuk disertai keringat (di luar cuaca yang panas) dan kurang nafsu makan, kerap berhubungan dengan infeksi tuberkulosis. Terlebih apabila terjadi lebih dari 2-3 minggu.

Untuk mendiagnosis seseorang mengalami TB paru atau tidak, selain dari gejala yang ada, juga melalui pemeriksaan penunjang sebagai berikut:

Pemeriksaan Rontgen Dada
Pemeriksaan Dahak SPS (sewaktu pagi sewaktu)
Pemeriksaan Darah
Bila hasil pemeriksaan dahak hanya 1 dari 3 yang positif, maka diperlukan foto rontgen dada untuk menunjang diagnosis. Bila 2 dari 3 atau seluruhnya positif, sudah bisa dipastikan mengalami tuberkulosis paru.

Anda perlu membawa ayah Anda ke dokter penyakit dalam agar dapat ditentukan penyebab sesungguhnya. Kami di sini hanya sebatas memberikan informasi dan tidak melakukan diagnosis karena tidak dapat memeriksa secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar