Sukses

Sakit Payudara, Apakah Mungkin Karena Kehamilan?

13 Jun 2017, 22:30 WIB
Wanita, 26 tahun.

Assalamualaikum dok mau tx sy mempunyai siklus haid 3 bln terakhir Bln maret haid tgl 25 Bln april haid tgl 21 Bln mei haid tgl 22 Berhubungan tgl 2..4. 7 bln juni Apakah ada kemungkinan unk hamil Skrg sy merasa payudara sakit padahal jdwal haid masih lama apkah sy ada kemungkinan unk hamil?

Terima kasih telah bertanya seputar kemungkinan hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari minimal 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu dan sebaiknya berhubungan seksual sebanyak 2-3 kali per minggu.

Dengan melakukan hubungan seks lebih sering per minggu nya juga dapat menjaga tubuh tetap sehat, mencegah gangguan ereksi, menurunkan hormon stres, dan juga meningkatkan kemungkinan hamil.

Nyeri payudara selain tanda dari gejala premenstruasi, dapat juga menjadi salah satu tanda tidak pasti kehamilan. Tanda kehamilan bisa dibagi menjadi tanda tidak pasti dan tanda yang pasti atau objektif.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemih
  • pembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Jika Anda telah telat haid, maka kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba test pack ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai kemungkinan hamil. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar