Sukses

Nyeri Tulang pada Penderita Obesitas

13 Jun 2017, 22:02 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya ingin bertanya.. Ayah saya berumur 60thn dan memiliki berat badan yang obesitas, dia mengalami nyeri tulang/sendi, tetapi jika dia disuruh minum susu berkalsium tinggi.. dia selalu menolak karna katanya rasa dan baunya tidak enak. Apakah ada cara lain untuk menyembuhkan nyeri tulang/sendinya selain meminum susu berkalsium tinggi? Apakah meminum suplemen saja cukup? Apa ada rekomendasi suplemen tulang/sendi yang aman dikonsumsi berkepanjangan? Mohon pencerahannya, terimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar osteoartritis melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi ayah Anda.

Ayah Anda berusia 60 tahun dengan kondisi utama obesitas. Apakah terdapat penyakit lain seperti diabetes?

Dari riwayatnya, yaitu usia tua dengan berat badan yang berlebih, ayah Anda rentan mengalami radang sendi lutut atau disebut juga osteoartritis lutut, peradangan sendi akibat penuaan. 

Gejala utamanya adalah lutut yang nyeri, dapat merah dan membengkak serta kaku. Pada foto rontgen biasanya didapatkan celah sendi yang menyempit, yang merupakan tanda bahwa cairan sinovial (pelumas sendi) berkurang. Suntikan cairan sinovial hanya membantu sesaat agar permukaan sendi tidak saling bersentuhan yang kemudian dapat menimbulkan nyeri dan radang.

Osteoartritis sebenarnya merupakan kondisi yang sulit disembuhkan, namun dapat dikendalikan agar perburukannya tidak cepat. Kalau mau benar-benar sembuh dapat dilakukan operasi yang disebut total knee replacement (TKR) namun ini pun perlu diulangi setiap 5 tahun.

Prinsip pengobatan pada OA ialah:

  • Perubahan gaya hidup seperti menjaga berat badan (dan mengurangi berat badan jika berlebih) dan berolahraga secara rutin
  • Menggunakan obat antiradang dan antinyeri
  • Terapi suportif seperti fisioterapi dankompres hangat/dingin
  • Operasi
  • Mengobati penyakit lain yang dapat memperburuk kondisi OA seperti diabetes (Baca juga: Nyeri Tulang pada Penderita Diabetes)

Kami sarankan agar ayah Anda berkonsultasi dengan dokter ortopedi dan dokter rehabilitasi medik agar penanganan keluhannya optimal dan tidak menghambat aktivitas sehari-hari.

Kami sertakan pula beberapa artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar osteoartritis. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar