Sukses

Dahak Pada Anak

13 Jun 2017, 21:31 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, Anak saya usia 20 bulan,saat ini sedang batuk pilek dan tinja nya encer tapi tidak sering,hanya 1 atau 2 kali sehari... Bagaimana cara mengeluarkan dahak nya ya dok,sebab kalau dia batuk seperti ada lendir di dada yg susah untuk keluar,sehingga dia menangis setelah batuk.. Obat apa yang harus saya berikan.. Atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.
Umumnya, dahak yang menumpuk memiliki konsistensi yang kental. Oleh karena itu, sebelum dapat dikeluarkan, dahak harus diencerkan terlebih dahulu.

Apabila tidak mendung atau hujan, Anda dapat menjemur anak antara pukul 7 hingga 8 pagi selama 10 menit. Oleskan balsam atau minyak kayu putih – dapat pula menggunakan minyak telon – ke dada anak, sehingga ia dapat menghirup aroma hangatnya. Untuk anak yang lebih besar, Anda dapat menyediakan sebuah baskom berisi air panas, kemudian anak menghirup uapnya.

Minum air putih atau susu hangat juga dapat membantu mengencerkan dahak. Bagi anak yang lebih besar, minum kuah hangat pun membantu. Jika punya, Anda dapat memasang alat humidifier untuk melembapkan udara kamar anak.

Lebih baik lagi jika Anda memiliki alat penguap (nebulizer) di rumah (ini bisa dilakukan tanpa pengawasan dari dokter). Teteskan beberapa mililiter cairan garam fisiologis dan biarkan Si Kecil menghirup uapnya. Jika tidak punya, Anda dapat meneteskan 1-2 tetes cairan garam fisiologis ke hidung Si Kecil untuk mengencerkan dahaknya.

Cara lain adalah baringkan anak dengan posisi tengkurap pada pangkuan Anda. Posisikan kepalanya agar lebih rendah daripada kaki, kemudian tepuk-tepuk lembut punggung anak. Diharapkan cara ini akan membuat dahak turun dan keluar dari tenggorokan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar