Sukses

Haid Tidak Teratur

13 Jun 2017, 21:31 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya, siklus haid saya ga lancar. Penyebabnya apa ya? Bulan kemarin saya tidak haid. Biasanya jadwal haid saya pd akhir bulan. Dan kalaupun tidak haid pada akhir bulan, biasanya kena haid di awal hingga pertengahan. Tapi sampai saat ini saya tidak haid. Dulu juga saya pernah mengalami hal yang sama bahkan sampai 3 bulan. Tp itu hanya sekali satt baru pertama2 kali mengalami haid. Setelah itu tidak pernah lagi. Namun, seingat saya siklus yg sprti skrg saya alami ini sudah bbrp kali terjadi. Kira2 apa ya penyebabnya? Saya tidak merasakan sakit atau nyeri apapun. Apakah ini wajar? Atau bsa jd masalah serius?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Sepertinya siklus haid Anda sedang mundur. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Apakah terdapat riwayat hubungan seksual sebelumnya? Haid memang dapat maju atau mundur 2-7 hari bergantung pada keseimbangan hormon tubuh wanita pada bulan yang bersangkutan. Terlambat haid tidak selalu menandakan kehamilan. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada:

-Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

-Stres dan depresi

-Sakit kronik

-Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

-Penurunan berat badan berlebihan

-Olahraga berlebihan, misal atlit

-Adanya tumor yang melepaskan estrogen

-Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

-Penggunaan obat-obatan tertentu

-dsb

 

Agar lebih jelas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut serta pemberian terapinya. Dokter akan melakukan wawancara medis yang mendetil dan kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan diagnostik terkait. Dengan demikian penyebab keluhan Anda dapat diketahui dan Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat.

0 Komentar

Belum ada komentar