Sukses

Terlambat Haid

13 Jun 2017, 20:43 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, sya ingin tanya.. Bulan april tgl 25 2017,saya haid..seharusnya mei saya haid 25-27, tp haid tk kunjung dtg sampe bulan juni tgl 13 2017, baru keluar haid.Biasanya kalau pun tlat tdk sampai selama ini, kalau dihitung brti saya telat haid sekitar 19 hari.Pda haid pertama darah keluar disertai gumpalan berwarna putih bercampur pink,hampir sperti daging, panjang dan diujungnya mrh hati.Saya memang blm test pack, krn sengaja sya tunggu sampai minggi ke 3 tlt haid. Yg saya tanyakan apa itu janin keluar, atau keguguran, sblm itu perut saya sedikit nyeri yg kdg dtg kdg pergi nyerinya, dibagian peruy bwh terasa tegang...trimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Terlambat Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Perlu diketahui mengenai siklus menstruasi yang normal. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya. Menstruasi akan berlangsung dengan siklus 21-35 hari selama 2-7 hari dengan volume 20-60 mL/hari. Oleh karena siklus menstruasi berbeda tiap orang maka definisi menstruasi "normal" pun bervariasi setiap individu. Beberapa hal yang penting dicatat mengenai menstruasi adalah tanggal mulai dan berhentinya, banyaknya pembalut yang digunakan dalam satu hari, adakah perdarahan abnormal di antara dua siklus menstruasi, dan nyeri menstruasi yang berlebihan.

Perlu juga diketahui bahwa siklus menstruasi erat kaitannya dengan pola makan, aktivitas sehari-hari, dan stress psikologis. Bagaimana dengan kakak Anda, bagaimana dengan pola makan beberapa hari belakangan? Bagaimana aktivitas sehari-hari, adakah aktivitas yang terlalu berat yang lakukan? Adakah stress psikologis yang sedang dialami saat ini?

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:
· sering berkemih
· pembesaran dan nyeri payudara
· mual
· perasaan lelah
· daerah sekitar puting susu menghitam
· peningkatan suhu tubuh
· flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim
· dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja namun tidak semua wanita hamil mengalami hal ini.
Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:
· terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
· terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
· terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan apakah terjadi keguguran atau kehamilan pada diri Anda perlu dilakukan pemeriksaan pasti karena gejala-gejala lainnya hanya merupakan pertanda tidak pasti. Kami sarankan jika Anda terlambat haid lebih dari 2-3 minggu sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Untuk sementara cobalah untuk lakukan pemeriksaan test pack.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Terlambat Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar