Sukses

Gangguan Haid Akibat KB Implan

13 Jun 2017, 20:29 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat siang dok. saya sudah berkelurga. Dan mempunyaii anak kecil umur 2 tahun. Masiih menyususii.. Yang ingin saya tanyakan??sudah hampiir 2 bulan saya mengalamii haid... Padahal sebelumny hampir setahun saya tidak halangan karena memakaii susuk kb. Tolong dok penjelasany??ap karena efek memakaii alat kontrasepsii

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Gangguan Haid Akibat KB Implan melalui fitur Tanya Dokter.

Implan atau populer disebut dengan susuk, merupakan salah satu metode kontrasepsi yang relatif jarang dipilih karena sebagian wanita 'takut' akan proses pemasangan dan pencabutannya. Metode implan (selanjutnya disebut dengan KB implan), merupakan alat kontrasepsi bawah kulit yang serupa lidi sepanjang 4 cm. Biasanya diselipkan di bawah kulit lengan atas. Proses pemasangan dilakukan oleh dokter atau bidan yang berpengalaman. KB implan ini dapat bertahan 3-5 tahun karena itu merupakan salah satu pilihan metode kontrasepsi jangka panjang dengan tujuan untuk menjarangkan kehamilan.

Implan yang ditanam di bawah kulit mengeluarkan progestogen secara lambat, (serupa hormon progesteron) yang akan mencegah pelepasan sel telur. Progestogen juga membuat lendir serviks lebih tebal dan lengket, serta membuat dinding rahim lebih tipis. Akibatnya, sperma akan sulit melewati serviks dan kondisi rahim yang tipis membuatnya tidak dapat menerima bakal janin (embrio).

Berikut adalah fakta-fakta mengenai KB implan:

Bila KB implan ini terpasang dengan benar, efektivitasnya mencapai 99%. Kurang dari 1:1000 wanita yang menggunakan implan selama 3 tahun akan hamil.
Implan sangat baik bagi wanita yang ingin menunda kehamilan dalam waktu lama.
Implan dapat digunakan pada wanita yang tidak dapat menggunakan KB hormonal yang mengandung estrogen.
Implan akan memudahkan wanita yang tidak dapat mengkonsumsi pil KB secara teratur.
Sedangkan efek samping KB implan adalah sebagai berikut:

Pemasangan implan dapat membuat kulit Anda memar, nyeri, atau bengkak di sekitar lokasi implan. Tetapi hal ini akan berkurang dan sembuh sendiri dalam waktu 1 minggu.
Efek samping paling umum adalah gangguan haid. Pada tahun pertama penggunaan implan, umumnya haid menjadi tidak teratur, perdarahan bisa menjadi lebih berat atau lebih ringan, lebih pendek atau lebih panjang. Bahkan bisa tidak haid sama sekali. Hal ini tidak membahayakan, tetapi mungkin membuat Anda terganggu. Hal ini akan berkurang di tahun kedua.
Jika efek samping ini mengganggu, implan dapat dilepaskan kapan saja dan kesuburan Anda akan segera kembali.

Jadi keluhan Anda bisa saja disebabkan oleh KB implan yang Anda gunakan. Namun untuk memastikannya kami menganjurkan agar Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kebidanan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gangguan Haid Akibat KB Implan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar