Sukses

Gatal Di Kulit Telinga

13 Jun 2017, 19:59 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau tanya. Saya mengalami gatal di daerah kulit telinga bagian luar dan sedikit dibagian dalam dan di bagian belakan agak bengkak sedikit. Awalnya saya kira hanya gatal biasa di daerah telianga luar lalu saya sering garuk sampailah kulit telinga saya kemerahan dan kerak/lilin bermunculan membuat telinga saya mengerikan, lalu mengeluarkan cairan bening yg agak berbau. Sampai kmudian bertambah besar arena gatal ke daun telinga dan belakang telinga. Ini sudah terjadi selang beberapa bulan ini karena saya tidak terlalu memperhatikan akibat kesibukan sehari hari. Saya hanya menggunakan obat oles biasa seperti SRITI dan Pi Kang Shuang namun tak ada hasil, kira2 sulolusinya apa dok? Terima kasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar telinga sering gatal dan keluar cairan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telinga yang gatal dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti alergi (ekzema, dermatitis seborhoic, atau psoriasis), infeksi jamur ataupun bakteri, adanya gigitan binatang atau ada gigitan kutu, lalu oleh karena adanya serumen (kotoran telinga) ataupun kurangnya cairan telingga sehingga kering.

Penyebab paling sering keluhan telinga gatal adalah kotoran yang menyumbat atau serpihan kotoran dalam telinga. Terkadang letaknya lebih dalam dan tidak terjangkau oleh pembersih telinga biasa. Untuk itu, memang sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan telinga dengan alat khusus. Dengan demikian dapat diketahui apakah ada kotoran yang menyumbat di bagian dalam telinga atau tidak. Kemudian pembersihannya juga memerlukan alat khusus untuk bisa menarik kotoran yang letaknya di telinga bagian dalam.

Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga agar telinga selalu kering (bersihkan pelan-pelan telinga setelah mandi atau berenang), hindari menggaruk dengan jari, dan lindungilah kulit dari iritasi.

Kami juga tidak menyarankan Anda melakukan pembersihan telinga sendiri karena risiko terluka lebih besar. Mintalah orang lain untuk membantu Anda membersihkan telinga. Jika letak kotoran dalam dan sulit maka sebaiknya dokter atau tenaga medis terlatih yang melakukannya.

Anda memiliki riwayat keluar cairan dari telinga, hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh pecahnya gendang telinga akibat infeksi. Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk mencari tahu apakah gatal yang Anda rasakan karena infeksi berulang, kotoran teling, atau penyebab lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai telinga sering gatal dan keluar cairan. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar