Sukses

Bahu Tidak Sama Tinggi

13 Jun 2017, 20:12 WIB
Wanita, 22 tahun.

Saya wanita usia 22 tahun...saya merasakan perbedaan tinggi pada kedua bahu saya.. Dulu sewaktu SMA perbedaannya mash belum terlalu mencolok .namun sekrang jika di amati akan terlihat perbedaanya. Yang kanan lebih rendah dan terkadang pinggang atas saya terasa sakit.apakah saya berpotensi skoliosis dok ? Tindakan pertama saya apakah harus x-ray dulu?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Bahu Tidak Sama Tinggi melalui fitur Tanya Dokter.

Penyebab bahu yang tidak seimbang umumnya adalah kebiasaan sehari-hari yang tidak tepat dan tidak ergonomis.

Contohnya yaitu kebiasaan membawa barang bawaan yang cukup berat menggunakan salah satu bahu secara dominan. Lama kelamaan, otot daerah bahu yang sering membawa beban berat ini akan lebih besar dan menyebabkan tampak lebih tinggi.

Posisi duduk tidak lurus (membengkok, miring ke kanan atau ke kiri) akan menyebabkan otot tidak bekerja secara seimbang, yaitu ada sebagian otot yang bekerja lebih berat karena menumpu beban yang seharusnya dibagi sama rata dengan sisi sebelahnya. Hal ini juga dapat menyebabkan perbedaan kondisi otot yang menyebabkan ketidakseimbangan pada tampilan bahu. Selain masalah otot, posisi duduk yang tidak lurus juga dapat menyebabkan kelainan tulang belakang dalam jangka waktu lama. Misalnya pada kelainan skoliosis, maka bahu akan tampak sangat tidak seimbang karena tulang belakang yang miring ke kanan dan kiri. Bila ini penyebabnya, maka memperbaiki posisi duduk adalah tugas utama yang harus Anda perbaiki.

Bila ketidakseimbangan tidak terlalu berat dan berkaitan dengan kebiasaan sehari-hari Anda, maka perbaikan kebiasaan tersebut sangat dianjurkan agar lambat laun bahu Anda kembali seimbang. Namun bila bahu yang tidak seimbang tersebut akibat penyakit medis, seperti telah terjadi skoliosis maupun penyakit lainnya, konsultasi dan penanganan dari dokter sangat dibutuhkan. Untuk itu Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis ortopedi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bahu Tidak Sama Tinggi. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar