Sukses

Batuk Berdahak Lama

13 Jun 2017, 19:46 WIB
Pria, 24 tahun.

Assalamualaikum dok Saya mau bertanya....apakah normal jika org terus menerus berdahak? Kalau bangun tidur, tenggorokan saya berasa penuh dahak, setelah dikeluarkan berwarna coklat terkadang putih susu.... Dan kapan pun saya ingin mengeluarkannya dahaknya slalu ad....kondisi ini sudah saya alami sejak umur 10 tahun namun belum pernah tertangani.... Mohon penjelasannya dok... Trima kasih assalamualaikum

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Batuk Berdahak Lama melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tentu keluhan Anda tidak umum dialami dalam waktu yang lama. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Dahak biasanya diproduksi oleh tubuh misalnya ada infeksi, ada alergi, ada penggunaan berlebih dari suara, dsb. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya.

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dahak yang bercampur dengan darah yang sedikit kemungkinan besar disebabkan adanya lecet di saluran pernafasan akibat pengeluaran dahak yang terlalu keras dan dicampur dengan adanya infeksi.

 

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Sebab untuk kasus Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan juga pemeriksaan penunjang. Sepertinya Anda memerlukan pengobatan seperti antibiotik oleh karena sudah berlangsung lama. Sebaiknya memang kami sarankan coba lakukan pemeirksan uji resistensi obat, jadi dahak Anda dilakukan penyocokan dengan antibiotik, jadi akan lebih tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Batuk Berdahak Lama. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar