Sukses

Jantung Terasa Berdebar - debar

13 Jun 2017, 19:38 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok sya mu tnya knpa jantung sya tiba² berdebar kaya di kagetin pdhal ngak di kagetin tpi rsanya hanya berdebar saja tidak trasa sakit atau nyeri di dada hanya prsaan sja campur aduk ktakutan klo knpa,npa itu gjala apa ya dok?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar jantung terasa berdebar debar melalui fitur Tanya Dokter

 

Kami memahami kekhawatiran anda.

Gejala jantung terasa berdebar-debar dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti hipertiroid, kelainan irama jantung (aritmia) dan panic attack. Apabila  gejala disertai dengan rasa takut, mungkin bapak sedang mengalami ‘panik attack’, yang biasa dicetus oleh sesuatu yang spesifik, seperti berada di dalam ruangan yang sempit, atau berada di tempat yang terlalu ramai, dll. (berbeda-beda pada setiap orang).

Namun untuk lebih memastikan diagnosis, perlu perlu juga diketahui apakah bapak pernah mengalami hal ini sebelumnya, apakah ada hal yang mungkin dapat mencetus gejala ini, berapa lama gejala ini berlangsung, dll. Selain itu, informasi seperti apakah ada gejala lain seperti sesak nafas, keringat berlebihan, mudah lelah, juga diperlukan untuk menegakkan diagnosis.

Pertama, kami sarankan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis penyakit dalam, untuk memastikan tidak ada kelainan pada hormon dan jantung anda. Apabila ternyata hasilnya normal, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kejiwaan (psikiater) untuk penanganan gangguan panik yang mungkin anda alami.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar jantung terasa berdebar debar, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar