Sukses

Menghilangkan Bau Badan

13 Jun 2017, 19:28 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Saya suka bekerja, namun badan saya mudah berkeringat dan bau, terutama di daerah lipatan tubuh seperti ketiak. Apakah membasmi rambut yang tumbuh di daerah itu merupakan cara terbaik untuk mereduksi bau? Jika ia, bagaimana cara membasminya? Jika tidak, bagaimana seharusnya?

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar menghilangkan bau badan melalui fitur Tanya Dokter

Bau badan disebabkan oleh bakteri yang mengurai asam yang terdapat dalam keringat. Untuk mencegah timbulnya bau badan, berikut beberapa tips yang bisa diikuti:
1. Perhatikan kebersihan sehari-hari seperti mandi dengan sabun 2x sehari dan kebersihan baju yang digunakan.
2. Jika obesitas, turunkan berat badan
3. Kurangi makanan dan minuman yang memiliki bau menyengat : bawang putih, rempah-rempah, alkohol, dll.
4. Pakai deodorant secukupnya
Deodoran ada banyak jenisnya. Ada yang disemprot, ada pula yang roll on. Tergantung pembawaannya ke kulit dan kandungan yang ada di dalamnya. Deodoran mempunyai kandungan yang berbeda. Deodoran antiperspiran mengandung senyawa aktif seperti alumunium chloride dan alumunium hydroxibromyde yang berfungsi mengurangi produksi kelenjar keringat dengan mempersempit pori-pori kulit. Terkadang, ada pula yang menambahkan parfum pada kandungan deodoran.

Sampai sekarang masih terdapat perdebatan mengenai fungsi bulu ketiak. Beberapa ahli berpendapat bahwa bulu ketiak berfungsi untuk melindungi ketiak dari gesekan, sehingga mengurangi risiko terjadinya lecet dan luka. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar menghilangkan bau badan, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar