Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Tidak Ingin Hamil Dulu

13 Jun 2017, 19:21 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya, apabila saya melakukan hubungan intim dengan pasangan saya pada masa subur dan sperma saya keluar di dalam, tapi kami belum siap memiliki momongan dulu ,bagaimana caranya mencegah kehamilan tersebut ya dok? Mohon bantuannya..!!

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Tidak Ingin Hamil Dulu melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah istri Anda sudah memeriksakan diri dengan test pack? Jika sudah dan terbukti positif hamil maka tidak dianjurkan secara medis untuk menggugurkan kandungan. Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Angka kejadian aborsi meningkat dengan bertambahnya usia dan terdapatnya riwayat aborsi sebelumnya. Proses abortus dapat berlangsung secara :

Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)
Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),
Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi).

Untuk menggugurkan kandungan harus ada alasan medis yang tepat, alasan tersebut meliputi: ada cacat janin yang tidak dapat disembuhkan dan mengancam nyawa janin, ibu memiliki penyakit dan kondisi kesehatannya terancam dengan kandungan yang dialaminya. Perlu juga diketahui bahwa terdapat risiko dari penguguran kandungan. Ada beberapa efek juga yang dapat muncul dari pengguguran kandungan yang salah seperti kelainan pada organ kelamin wanita, lalu dapat juga terjadi gangguan psikis pada sang Ibu.

Sayang sekali kami tidak dapat memberikan cara untuk menggugurkan tanpa adanya alasan medis yang tepat dan sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter ahli Kebidanan dan Kandungan. Jika memang test pack negatif, sebaiknya istri Anda segera menggunakan KB atau Anda menggunakan kondom saat berhubungan seks jika tak ingin hamil.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Tidak Ingin Hamil Dulu. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar