Sukses

Nyeri bahu Kiri

13 Jun 2017, 18:36 WIB
Pria, 32 tahun.

Halo Dok, Bahu kiri saya terasa sakit saat tarik napas, dan di perut samping kiri terasa sakit saat kontraksi atau gerakan? Kenapa ya? Saya memang main game hp dengan posisi sama beberapa lama, apakah karena itu ? Tapi biasanya saya tidak apa apa? Bagaimana cara nenghilangkannya terutama di bahu kiri yg jika tarik napas sakit? Olahragakah? Terimakasih Doc. Ditunggu jawabannya.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri bahu kiri melalui fitur Tanya Dokter

Posisi tubuh yang kurang baik dan dipertahankan cukup lama memang dapat menyebabkan gejala anda alami, namun untuk memastikan diagnosis, perlu diketahui karakteristik nyeri (seperti ditusuk? Di tekan? Terus menerus atau hanya sesaat? Menjalar atau tidak? Yang meringankan dan mencetus nyeri tersebut?) , apakah ada gerakan tertentu yang mencetuskan nyeri ? Apakah anda merasakan kesemutan terutama pada jari-jari? 

Untuk memastikan diagnosis anda diperlukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik lebih lanjut. Namun berdasarkan informasi yang anda berikan, ada beberapa kecurigaan yang mungkin terjadi pada anda , seperti : rotator cuff syndrome ( cedera pada sendi bahu), cedera otot dada, serta impingement syndrome ( cedera pada urat akibat terjepit). 

Anda dapat melakukan kompres es selama 15 menit, 3 -4 kali sehari pada bahu yang nyeri, minum obat anti nyeri seperti parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat untuk mengeruangi nyeri, atau salep untuk melegakan otot. Selain itu, hindari gerakan yang memicu nyeri dan jangan menopang beban pada bahu yang nyeri terlebih dahulu. Kami sangat tidak menyarankan untuk diurut sampai diketahui penyebabnya karena dapat memperparah cedera yang ada.

Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang optimal.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar nyeri bahu .Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar