Sukses

Rokok elektrik/vapor

13 Jun 2017, 18:31 WIB
Pria, 20 tahun.

Apa itu vapor?

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar rokok elektrik melalui fitur Tanya Dokter.

Rokok elektrik adalah alternatif pengganti rokok yang dewasa ini mulai beredar di pasaran. Hingga saat ini, rokok elektrik masih mengundang banyak kontroversi. WHO sendiri memang belum menyatakan bahwa rokok elektrik aman untuk menjadi pengganti rokok tembakau karena belum adanya penelitian yang menyeluruh dan valid. Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam rokok elektrik untuk menghasilkan asap masih belum dapat dipastikan keamanan dan efeknya terhadap kesehatan. Selain itu, rokok elektrik juga masih mengandung nikotin (meskipun kadarnya dapat diatur oleh pemakainya), sehingga tidak menyelesaikan masalah kecanduan nikotin pada para perokok. Namun, WHO tidak melarang penggunaan rokok elektrik sebagai salah satu alat bantu dalam proses berhenti merokok.

Secara umum, penggunaan rokok elektrik sebenarnya mengurangi efek kesehatan negatif yang disebabkan oleh rokok tembakau karena asap rokok yang dihisap bukan dari bahan-bahan rokok tembakau. Namun, penggunaan rokok elektrik tidak banyak membantu mengatasi kebiasaan merokok dan kecanduan nikotin karena perokok tetap mempertahankan aktivitas/perilaku merokok. Apabila berhenti mengkonsumsi rokok elektrik, pengguna tetap akan mengalami sindroma putus konsumsi, seperti mudah marah, depresi, gelisah dan cemas. Layaknya rokok biasa, rokok elektrik tetap berbahaya bagi penderita jantung dan terbukti merusak lapisan pembuluh darah.

Sampai saat ini belum ada penelitian skala besar yang menyimpulkan keamanan dan memaparkan efek samping jangka panjang dari rokok elektrik ini. Tapi jika telah diketahui tidak ada manfaatnya, untuk apa kita melakukan kebiasaan yang belum jelas efek sampingnya, bukan?!. Untuk itu, Kami sarankan untuk menghindari merokok, baik rokok biasa maupun rokok elektrik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar rokok elektrik ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar