Sukses

Benjolan di Mulut Rahim
13 Jun 2017, 18:00 WIB
Wanita, 36 tahun.

Met pagi dokter... Q mau tanya ne dok,sebenarnya q punya keluhan dg mslh rahim. 1 mggu yg lalu q abiz keguguran masa kehamilan 1,5 bln. Trz q pergi ke bidan untuk penanganan lbh lanjut,ketika bidan membersihkan rahim q,beliau ada melihat daging tumbuh di ke 2 rahim q dan beliau bilang kalau daging tu seperti daging polip yg ada di hidung. Tp dok slama ini q blm pernah merasakan keluhan aneh". Pertanyaan q itu daging tumbuh apa ya dokter ? Berbahayakah ? Bagaimana cara mengatasinya ? Kalau memang bisa di hilangkan dg cara apa dokter ? Terimakasih...

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya seputar polip serviks melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Polip hanya terdapat di bagian mulut rahim (serviks) atau di dalam rongga rahim. Mungkin yang Ada maksud adalah polip di mulut rahim yang letaknya memang dekat dengan vagina.

Polip serviks adalah tumor jinak yang ditemukan pada permukaan saluran leher rahim. Mereka dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang tidak teratur, tetapi lebih sering mereka tidak menunjukkan gejala. Berikutgejala dari adanya polip serviks:

  • Pendarahan vagina yang terjadi antara periode menstruasi, setelah menopause, setelah hubungan seksual.
  • Terjadinya perdarahan diluar haid.
  • Keputihan
  • Pendarahan saat berhubungan seksual/pendarahan pada vagina


Namun untuk dapat memastikan diagnosa polip serviks dibutuhkan pemeriksaan fisik secara detail, oleh karena itu jika memang ada gejala seperti diatas segera melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Penatalaksanaannya, polip dililit sampai putus, kemudian tangkainya di kuret. Tindakan dilakukan dalam pembiusan umum (general anasthesia). Setelah itu jaringan polip dikirim ke laboratorium patologi untuk memastikan apakah jaringan tersebut termasuk jinak atau ganas.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai polip serviks. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar