Sukses

Kepala sering panas dan berat badan sulit naik

13 Jun 2017, 17:10 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dok,, Saya ingin menanyakan 2 hal : 1. Anak saya laki" umur 2 thn 1 bulan, akhir-akhir ini kepala nya sering panas,, tapi hanya kepala nya saja dok,, Itu pengaruh apa ya dok??? Dulu umur 1 thn jg pernah seperti ini, sudah saya bawa ke dokter anak trus tapi tidak ada perubahan,, Selang beberapa bulan sudah sembuh sendiri,, tapi skarang sudah mulai panas lagi dok tiap hari, hanya kepala saja, Kira-Kira itu knapa dok?? 2. Berat badan saya sulit untuk bertambah dok, apa yg Harus sy lakukan agar berat badan sy bisa naik antar 47-49kg ??

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terima kasih telah bertanya seputar dua keluhan anda ini melalui fitur Tanya Dokter.

1. Demam/panas pada anak biasanya merupakan pertanda terjadinya infeksi pada anak, dan terjadi di seluruh tubuh dan juga dapat dirasakan oleh orang tua maupun dokter di seluruh tubuh. Sering disertai dengan sikap gelisah berlebihan, sulit makan dan gejala lainnya pada anak. Bila tidak ada gejala lain yang menyertai panas pada anak Anda, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Jika panas hanya dapat dirasakan pada kepala dan bagian tertentu tubuh saja, bisa diperhatikan suhu di ruangan tersebut atau pakaian yang digunakan Anak. Juga dapat diperhatikan bahan-bahan selimut atau pun sprei tempat tidur Anak, apakah bahannya terlalu tebal. Kondisi batuk pilek memang dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh pada anak, hal ini juga dapat menyebabkan demam pada Anak. Apakah Anda sudah memeriksa suhu tubuh anak Anda dengan termometer?

Telapak tangan dan kaki yang teraba dingin dapat menandakan adanya sirkulasi darah yang kurang baik ke daerah perifer, semisal bila terjadi kekurangan cairan. Apakah asupan cairan anak Anda cukup?

Jika suhu ruangan sudah optimal dan bahan-bahan pakaian, selimut serta sprei lainnya sudah cukup sejuk dan tidak terlalu tebal dan kepala anak Anda masih panas, serta timbul gejala-gejala lain dan telapak kaki dan tangan teraba semakin dingin dan terlihat semakin lemas, maka bawalah segera ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih terinci.

2.Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena kalori yang masuk lebih sedikit daripada kalori yang keluar.

Berikut ini adalah beberapa saran sehat untuk meningkatkan berat badan Anda:

Makan lebih sering. Pada saat Anda masih underweight, akan cenderung cepat kenyang. Karena itu, makanlah lebih sering 5-6x sehari dengan porsi kecil dibandingkan makan dengan porsi besar 2-3x sehari.
Pilih karbohidrat yang kaya nutrisi. Pilih roti gandum yang kaya vitamin B dan sereal/biji-bijian seperti oatmeal/havermut, banyak makan buah dan sayur.
Makan banyak sumber protein. Sumber protein seperti daging merah, ayam, ikan, telur, dairy products seperti keju dan susu full cream, serta kacang-kacangan. Produk suplemen yang mengandung protein whey juga dapat membantu.
Minumlah smoothies/shakes/yoghurt (dari susu/buah). Hindari konsumsi minuman kemasan yang tinggi kalori namun tidak ada kandungan gizinya.
Jangan minum air putih sebelum makan. Bagi sebagian orang, minum air putih sebelum makan akan mengurangi rasa lapar sehingga makan lebih sedikit.
Perbanyak snack berkalori tinggi. Snack yang dianjurkan seperti keju, buah-buah berkalori tinggi (alpukat, pisang, mangga), ubi manis, roti dengan selai, yoghurt.
Tetap batasi konsumsi gula tambahan dan lemak. Sekalipun Anda underweight, tetap batasi konsumsi gula tambahan dari gula pasir, minuman kemasan dan makanan siap saji lainnya.
Makanlah protein terlebih dahulu sedangkan sayur terakhir. Jika terdapat berbagai jenis makanan di piring Anda, makan terlebih dahulu yang padat kalori dan tinggi protein. Makanlah sayur terakhir, sebab sayur membuat Anda cepat kenyang.
Suplemen kreatin. Konsumsi suplemen yang berisi kreatin monohidrat dapat membantu Anda meningkatkan berat badan. Perlu diperhatikan agar konsumsi suplemen ini tidak berlebihan supaya tidak membebani hati dan ginjal Anda.
Olahraga. Olahraga jenis strength training, akan membantu meningkatkan berat badan Anda, dengan membentuk otot. Olahraga juga akan meningkatkan nafsu makan Anda.
Pastikan tidur Anda berkualitas. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk pertumbuhan otot Anda.
Jangan merokok. Perokok cenderung memiliki BB yang lebih kurang daripada bukan perokok. Berhenti merokok juga berhubungan dengan peningkatan BB.
Sedangkan pertanyaan apakah kualitas sperma mempengaruhi pembuahan tentu saja iya. Kualitas sperma yang kurang baik bahkan buruk akan mempersulit terjadinya pembuahan

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar dua keluhan Anda ini. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar