Sukses

Flek Setelah Haid

13 Jun 2017, 17:01 WIB
Wanita, 18 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya. Bulan kemarin saya menstruasi tgl 20 mei dan selesai tgl 26 dengan siklus darah yang deras dan ada gumpalan hitam. Lalu kemarin tgl 12 ada flek hitam kecoklatan hingga sekarang. Saya memiliki siklus haid yang tidak normal. Sebelum haid tanggal 20 mei tersebut, ada flek dan gumpalan coklat kehitaman dan terjadi kurang lebih seminggu. Saya kira itu adalah haid. Dan itu sering terjadi ketika saya merasa kecapekan. Apakah flek coklat kehitaman tersebut termasuk haid atau suatu penyakit dok? Dan apakah ada haid yang hanya berupa flek seperti itu? Mohon bantuannya. Terima kasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Haid merupakan proses normal yang dialami setiap wanita saat memasuki masa pubertas sampai dengan menopause. Siklus haid normal adalah 21-35, berlangsung selama 3-10 hari dengan banyaknya darah haid sebanyak 4-8 pembalut per hari.

Dari masa haid tersebut, seseorang dapat dilihat kecenderungannya apakah memiliki siklus haid yang normal, memanjang atau lebih cepat dari seharusnya.

Haid terjadi karena adanya peluruhan dinding rahim. Pada saat haid, sesungguhnya tidak hanya darah saja yang keluar namun dapat disertai dengan lendir dan jaringan rahim. Warna darah haid bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Berikut adalah beberapa warna haid yang dapat Anda ketahui:

- Merah terang merupakan darah haid yang baru saja dikeluarkan dari tubuh, biasanya akan keluar dalam jumlah yang sedikit.
- Merah pekat atau hitam pekat merupakan kondisi sel darah merah yang sudah lama atau tidak segera dikeluarkan oleh tubuh, di mana darah ini tersimpan di dalam rahim dalam periode tertentu. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang mengalami haid pada waktu bangun pagi, ketika darah ini tersimpan selama waktu tidur (malam hari).
- Cokelat juga merupakan darah yang sudah lama. Darah ini biasanya terjadi pada waktu wanita mendekati masa selesai haid. Hal ini juga dapat berkaitan dengan darah yang tidak segera dikeluarkan oleh tubuh dan tertahan dirahim, namun beberapa jurnal menyatakan bahwa darah yang cokelat lebih sering terjadi pada wanita yang mengalami gangguan haid (misalnya memiliki siklus haid yang cenderung agak terlambat).
- Oranye biasanya merupakan pencampuran pada sel epitel di leher rahim, atau juga dapat dikaitkan dengan adanya infeksi.
Untuk mengetahui apakah haid Anda normal atau tidak, selain dari warna darah haid, Anda juga dapat melihat dari banyak dan sedikitnya darah haid.

Jika gumpalan darah haid yang terjadi lebih banyak, hal tersebut biasanya berkaitan dengan adanya perdarahan. Tubuh Anda berusaha mencegah perdarahan yang banyak dengan menggumpalkan darah yang akan keluar. Namun, jika keluhan berlanjut kami menyarankan untuk segera menemui dokter Anda.

Demikian kami sampaikan, Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar