Sukses

Kutil Kelamin

13 Jun 2017, 16:04 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya sudah menikah diusia muda, sebelum nikah saya sudah terkena kutil kelamin tp tidak terlalu parah cuma 1/2 kutil saja. nnt tiba tiba ilang. dan saya udh nikah, tbtb kutil sudah berada di dekat anus. waktu itu kan saya lahiran dijait luar dalam sampai ujung anus. mungkin waktu di robek/dijait kena kutilnya kali ya yg dekat anus, jd menyebar tp tidak banyak. gatel bgt dok😭 dan skrg anak saya udah 2 bulan. abis nifas aku keputihan banyak bgt, sampe skrg masih keputihan, baunya tat amis ntar engga. apa itu gejala kanker serviks dok? sedangkan saya liat di google kutil kelamin disebabkan virus hpv. saya makin takut dok😭 gimana solusinya ya dok😢

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Kutil Kelamin melalui fitur Tanya Dokter.

Kutil pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya yang paling umum adalah kondiloma akuminata. Kondiloma Akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser, atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Mungkin ini yang sedang erjadi pada Anda, kekambuhan kutil kelamin terjadi berulang kali. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Kondiloma akuminata penyebab utamanya memang ditularkan lewat hubungan seksual. Namun Kondiloma Akuminata ini bisa disebabkan oleh diri sendiri karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh khusunya bagian intim, berikut beberapa penyebab penyakit kondiloma akuminata, yaitu:

Jarang mengganti celana dalam sehingga menyebabkan daerah intim menjadi lembab dan kotor.
Tidak pernah atau jarang membersihkan daerah intim.
Tidak mengeringkan bagian organ vital setelah buang air kecil.
Tertular dari pasangan yang mengidap penyakit kondiloma akuminata.

Sebaiknya Anda konsultasi secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pengobatan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kutil Kelamin. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar