Sukses

Badan kurus

13 Jun 2017, 14:50 WIB
Pria, 16 tahun.

1.Kalo badan kurus itu masalahnya apa ya dok? Sudah makan banyak kok nggak bisa gemuk² dan biasanya tulang di punggung itu kalo sedang nafas itu sering bunyi kletuk. 2.Kalo saya over grogi itu nggak bisa di kendalikan nafas lumayan sesak Dan jantung debar nya cepat, itu masalahnya APA ya?

dr. Aldo Ferly

Dijawab Oleh:

dr. Aldo Ferly

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Badan Terlalu Kurus melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan.

Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan.

Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).

Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.

Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar, sering buang air besar?

Berikut ini akan kami paparkan cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan. Silakan klik next untuk melanjutkan.


Berat Badan Kurang
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.

Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.

Memperbanyak minum air putih.

Dibawah ini, saya akan membahas juga mengenai keluhan grogi yang anda alamii.

Nampaknya yang Anda alami saat ini dalam dunia medis disebut dengan gangguan cemas atau gangguan panik.

Penatalaksanaan serangan panik dan gangguan cemas dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat-obatan) dan non-medikamentosa (tanpa obat). Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan.

Saat ini kami sarankan Anda mengunjngi dokter spesialis psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut dan pemberian obat. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda. Anda juga dapat mencoba mengatasi serangan panik tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan
Dll
Selain itu, untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas, Anda dapat juga mencoba untuk melakukan suatu terapi kolompok atau konseling dengan psikiatri. Akan lebih baik jika Anda mampu mengatasi serangan Anda tanpa obat-obatan dibandingkan ketergantungan terhadap obat penghilang rasa cemas. Anda perlu bersabar mengatasi masalah ini karena memang memerlukan waktu yang cukup lama. Jangan mudah putus asa. Sangat baik jika Anda dibantu oleh seorang profesional (dokter spesialis psikiatri) yang dapat membantu Anda dengan konseling dan memantau perkembangan serta kemajuan serta memantau berbagai kesulitan yang Anda hadapi.

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar badan kurus. Semoga bermanfaat.
Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar