Sukses

Nyeri dan Ngilu pada Kaki

13 Jun 2017, 13:32 WIB
Wanita, 37 tahun.

Dok saya mau tnya ibu saya usia 75 dn merasakan nyeri dan ngilu dikedua kakinya atas perintah dokter ortopedi dibagian pinggang stlh dirotgen ada pergeseràn tulang. Apakah dgn pergeseran itu terjdnya serangan ngilu dn nyeri dikaki. Mungkin ada solusi dr dokter obat apa untuk menghilangkan rasa nyeri ditulang kaki keduanya dok...

Terima kasih telah bertanya seputar mengatasi nyeri kaki menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Di bawah ini adalah contoh-contoh obat yang dapat diberikan pada nyeri kaki;

NSAIDs. Obat anti-infalamasi nonsteroid (NSAID) dapat mengurangi gejala nyeri dan mengurangi proses peradangan. Yang termasuk dalam golongan ini adalah ibuprofen dan natrium naproxen. Golongan ini mempunyai risiko efek samping yang tinggi bila di konsumsi dalam jangka waktu yang lama.
Kortikosteroid. Golongan kortikosteroid seperti prednison dan metilprednisolon dapat mengurangi peradangan, nyeri dan memperlambat kerusakan sendi. Dalam jangka pendek kortikosteroid memberikan hasil yang sangat baik, namun bila di konsumsi dalam jangka panjang efektifitasnya berkurang dan memberikan efek samping yang serius.
Berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kekambuhan RA:

Melakukan aktivitas fisik ringan untuk mengurangi nyeri dan meningkatkan fleksibilitas gerak seperti bejalan kaki, berenang dan bersepeda. Tetap aktif juga penting untuk menjaga kekuatan tulang dan membantuk mengurangi gejala radang sendi.
Menjaga berat badan. Apabila berat badan Anda termasuk dalam kategori overweight atau obesitas, alangkah baiknya untuk menurunkan berat badan sehingga dapat mengurangi beban pada lutut(stress sendi) yang juga akan mengurangi nyeri
Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan memperbanyak buah dan sayur-sayuran dan makanan rendah lemak. Mengonsumsi vitamin C, vitamin D dan kalsium yang bias didapat dari makanan seperti susu, ikan, brokoli, atau kacang almond juga disarankan untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Konsumsi lemak ikan yang mengandung omega 3 baik dalam bentuk suplemen atau makanan seperti ikan sidat, terubuk, tenggiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, tuna juga dipercaya dapat mengurangi peradangan pada sendi.
Melindungi dan mencegah trauma(cedera) berulang pada sendi
Apabila keluhan Anda berlanjut, semakin mengganggu aktivitas dan tidak merespon obat yang diberikan, maka kami menyarankan Anda untuk brkonsultasi kembali dengan dokter spesialis penyakit dalam yang merawat Anda. Dengan demikian dapat dievaluasi dan ditetapkan pengobatan yang lebih sesuai untuk kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar