Sukses

Selaput Dara

13 Jun 2017, 13:30 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok sebelumnya izinkan saya bercerita , saya pernah jatuh waktu SD dan setelah itu selaput darah saya robek dan mengeluarkan darah lumayan banyak dan apakah selaput darah saya bisa kembali seperti semula sekarang dok , terimakasih dok sebelumnya

Terima kasih telah bertanya seputar selaput dara menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Secara struktur, selaput dara perempuan seringkali dianggap sebagai selaput yang utuh tidak berlubang yang terletak di mulut vagina perempuan. Padahal struktur selaput dara sebenarnya sangat variatif dan karena letaknya yang agak masuk ke dalam vagina, seringali tidak terlihat dari luar. Oleh sebab itu, untuk melihat adanya selaput dara, bibir vagina atau di dunia medis disebut sebagai vulva harus dibuka dan juga dapat dilakukan pemeriksaan dalam.

Variasi bentuk selaput dara bermacam-macam, ada yang seperti bulan sabit atau selaput bundar yang berlubang atau seperti setengah lingkaran. Pada beberapa kasus, struktur selaput dara dapat sangat tebal sehingga ketika hendak melakukan hubungan seksual, selaput dara tidak dapat robek dan menyebabkan nyeri. Selaput dara yang sifatnya seperti ini dapat membutuhkan prosedur medis supaya dapat dirobek dengan baik.

Di lain pihak, karena adanya harapan yang ditetapkan pada seorang perempuan untuk memiliki selaput dara saat menikah, saat ini tersedia sebuah prosedur operasi yang bertujuan mengembalikan kondisi selaput dara hingga kembali intak. Tindakan untuk merestorasi selaput dara ini di dunia medis disebut dengan nama hymenoplasty.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar