Sukses

Gangguan Lidah Berupa Tongue Tie

13 Jun 2017, 11:11 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok,anak saya usia 10buln,di diagnosa tongue tie pada bagian atas dan bawah ujung lidanhnya,dan dianjurkan untuk dilakukan pembedahan pada tongue tie trsbut. yg ingin saya tanyakan: 1.apa penyebab trjadinya tongue tie?padahal dlam keluarga tidak ada yg memiliki riwyt tongue tie 2.untuk melakukan pembedahan trsbut apakah nnti bisa di cover biayanya oleh bpjs ketengakrjaan? 3.Apakah nnti anak saya harus di bius sebelum dilakukan pmbedahan? 4.Berapa lama masa penyembuhan bekas lukanya? 5.Apa efek samping setelah dilakukan pembedahan untuk anak saya? Mohon penjelasan nya dok.... Terimakasih:)

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Gangguan Lidah Berupa Tongue Tie melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tongue tie adalah suatu kondisi dimana pergerakan lidah terbatas akibat perlekatan yang pendek antara lidah dan dasar mulut, dimana penyebabnya tidak selalu diketahui. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada saat anak masih menyusu dan gangguan fungsi bicara. Prosedur yang dilakukan untuk mengatasi keadaan ini adalah frenotomy or frenuloplasty.

Frenotomy merupakan prosedur operasi yang sederhana, dan dapat dilakukan dengan cepat serta menimbulkan ketidaknyamanan yang minimal. Frenuloplasty akan dilakukan bila frenotomy tidak dapat menjadi solusi dari tongue tie. Untuk memastikan perawatan terbaik bagi kondisi Anda maka diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi atau dokter spesialis bedah plastik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gangguan Lidah Berupa Tongue Tie. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar