Sukses

Darah Haid Sedikit, Normalkah?

13 Jun 2017, 04:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok.. Sy kan lg haid, tp keluar ya sedikit-dikit dok, haid ya keluar hanya pd saat sy buang air kecil.. Itu knp yah dok..? Biasa ya gk seperti ini

Terimakasih telahbertanya tentang darah haid yang sedikit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Jumlah darah haid yang sedikit dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stres fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Apakah Anda mengalami kondisi tersebut? Coba Anda perhatikan jumlah dan lama haid pada siklus mendatang.

Siklus haid normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Untuk memastikan kondisi Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda

Terkait darah haid yang keluar saat buang air kecil, hal itu normal terjadi. Posisi kandung kencing pada wanita berada di atas rahim. Apabila kandung kencing terisi dan penuh, akan menekan rahim yang berada di bawahnya sehingga saluran keluar darah haid "terjepit". Akibatnya, darah haid tidak banyak yang keluar. Ketika Anda BAK, "jepitan" tersebut melonggar sehingga saluran keluar darah haid terbuka dan ikut mengalir ketika sedang BAK.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar darah haid yang sedikit. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

1 Komentar

  • ica

    dok maff. sya udah menggunaka kb sepiral selama 6th. sya menggunakan iud yg 8th. tp pa memasuki th ke6 kq sya haidnya bisa telat gtu ya dok. sya sbnernya takut hamil dok.. soalnya sya masih memakai kb iud. tapi pas bulan kmren sya haid dan sya berenti haid baru 5hri sya ngeflek darah lagi sampe 3hr..