Sukses

Obat Tuberkulosis

13 Jun 2017, 00:53 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya Punya sakit TB paru dan baru jalani pengobatan 4 bulan... Tiba2 saya stop seminggu ini karna saya coba terapi lain dan terapisnya bilang berhenti saja minum obat tb. Padahal harus 6 bulan pengobatan. Sekarang dua hari ini badan saya lemas dan tiap malam menggigil. Tapi tidak batuk2. Solusinya sprti apa ya dok?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter.

Perlu diketahui bahwa tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara. Penyakit ini dapat diobati dengan gratis karena ditanggung oleh program BPJS dengan obat yangd apat diambil di rumah sakit atau puskesmas.

Gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita. Di akhir enam bulan pengobatan dokter akan menganalisa apakah pengobatan dapat dinyatakan selesai. Jika Anda saat ini mengalami keluhan namun sudah berhenti mengkonsumsi obat tersebut kami menyarankan untuk kembali ke dokter Anda untuk pemeriksaan dan tatalaksana lanjutan kembali.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar