Sukses

Pendarahan Masa Nifas

13 Jun 2017, 00:52 WIB
Wanita, 27 tahun.

Sblum brtnya sya akan sdkit critakan riwayat kesehatan sblumnya dok.. Sya mlahirkan anak kdua sya tgl 16 april 2016, mlalui operasi cesar.. Sbulan stlahnya sya mngalami pendarahan shngga hrus bolak balik k RS sbnyak 2x.. Stlah dr dokter & mndpatkan pnanganan sya mrasa lbih baik.. Kmdian sya mngalami haid yg sya anggap normal2 sja.. Bulan agustus 2016 sya trakhir haid, 3x sya mlkukan tes khamilan hsilnya negatif, karena sya sma skali tidak mnggunakan KB.. Bbrp org blg normal karena sya mnyusui.. Kmudian pd tgl 9 juni 2017 sya haid.. Darah yg kluar sangat banyak skali.. Dln smlam sya bisa 4 smpai 5x mngganti pmbalut.. Bgtu pula pd siang hri stiap stgah jam sya hrus mngganti pmbalut.. Apakah itu wajar dok?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter.

Sebelumnya, perlu diketahui masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari.

Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi. Pada wanita yang tidak memberikan ASI kepada bayinya, 80% akan mendapatkan menstruasinya kemabali dalam 20 minggu setelah melahirkan.

Adapun darah nifas yang keluar sebenarnya dibedakan menjadi 4 tahap yang secara berurutan, yaitu:

1. lokia rubra ( berwarna merah berisi darah segar, jaringan sisa plasenta, dsb) sekitar 1 minggu.
2. lokia sanguelenta (berwarna merah dan berlendir) sekitar 1-2 minggu
3. lokia serosa (berwarna kekuningan) selama 2 minggu
4. lokia alba (berwarna putih biasa dan bening) sekitar 6 minggu. Lokia alba merupakan darah nifas yang terakhir keluar, menandakan tahap pemulihan dan hampir berakhirnya masa nifas.

Pada beberapa perempuan ( 13%), lokia dapat keluar hingga 60 hari setelah melahirkan.

Pada kondisi Anda, perdarahan seharunsya sudah mulai berkurang. Saat ini Anda sebaiknya Anda kontrol ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk deteksi segera dan penanganan optimal. Perdarahan terus menerus paska melahirkan bisa disebabkan oleh berbagai sebab dan membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian informasi mengenai perdarahan lama paska melahirkan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar