Sukses

Benjolan Putih di Dalam Mata

13 Jun 2017, 00:52 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya mau tanya dok, kantong mata saya terlihat agak besar seperti sembab habis nangis/ kurang tidur. Ketika saya amati, kantong mata sebelah kanan lebih besar daripada yg kiri. Ketika saya tekan, seperti ada benjolan di dalam. Dan ketika saya lihat ternyata ada benjolan berwarna putih didalamnya. Kata orang2 itu timbilan. Apakah itu benar dok? Dan bagaimana cara menyembuhkan ya? Terima kasih..

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Keluhaan yang anda rasakan kemungkinan adalah Pterigium, pseudopterigium, atau Pinguekula. Pinguekula adalan benjolan pada konjungtiva bulbi dan umum terjadi pada orangtua. Pseudopterigium adalah perlekatan konjungtiva dengan kornea yang cacat dan sering terjadi pada proses penyembuhan luka pada kornea.

Pterigium adalah pertumbuhan fibrovaskular (lapisan serabut dan pembuluh darah) konjungtiva (lapisan putih di mata) yang bersifat degeneratif dan invasif. Pterigium berbentuk segitiga dengan puncak di bagian sentral. Diduga keluhan ini disebabkan karena iritasi kronis akibat debu, sinar matahari, dan udara yang panas. Penyebabnya tidak diketahui dengan jelas namun diduga merupakan suatu radang dan degenerasi (proses menua). Kemungkinan besar anda mengalami pterigium.

Pengobatan tidak diperlukan karena umumnya sering kambuh pada pasien yang masih muda. Tetes mata yang diberikan untuk anda ditujukan untuk meredakan pterigium bila ia meradang. Untuk mengambil atau menghilangkannya adalah dengan operasi atau pembedahan. Namun umumnya hal ini dilakukan apabila pterigium menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena pterigium tidak mengancam nyawa. Apabila anda tidak mau dioperasi maka untuk mencegah pterigium sering meradang dan kambuh atau menjadi besar, lindungilah mata anda dari sinar matahari, debu, dan udara kering dengan menggunakan kacamata pelindung. Sekian, semoga membantu.

Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar