Sukses

Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

13 Jun 2017, 00:52 WIB
Pria, 28 tahun.

Siang dok.. Saya mau tanya .. Saya mengalami penyakit di kulit kepala saya sudah 2,5 th.. Ber awal dari saya memakai produk2 yang terjual di jaringan sosial seperti sampo dan tonik dan minyak kemiri.. Setelah menggunakan produk2 tsbut..kulit kepala saya jadi kotor dan sangat berminyak.,hingga minyak tsbut menebal di kulit kepala jika di kelupas maka rambut pun ikut rontok..dan di saat ini rambut saya jadi sangat tipis.. Saya sudah berobat ke dokter kulit di tempat tinggal saya yaitu di provinsi lampung.. Sudah 3 dokter yg sy temui.. Dan sdh berjalan hampir 2 th.. Saya diberi obat salap/krim dan vitamin...tapi belum juga membuah kan hasil.. Terakhir bulan kemarin saya menemui dokter kulit syafei hamzah .spkk sy diberi salap /krim dan truxanthin dan sampo fungasol ss ketoconazole .. Saya oleskan salap dari dokter tsbut..spontan kulit kepala terkelupas dan bersih..akan tetapi kulit kepala kembali lagi tampak berminyak dan jika di sampo berubah warna putih yang menempel dikulit kepala.. Begitu terus sampai saat ini.. ..kulit kepala saya masih saja kotor .. Jadi saya di sini ingin meminta penjelasan dengan dokter.. Saya hrs bagaimana dan berobat di mana ?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Rambut berminyak sama dengan kulit kepala yang berminyak. Jadi jika kulit kepala Anda berminyak maka rambut Anda cenderung berminyak. Bagaimana cara merawatnya?

-Cucilah rambut sesuai kebutuhan. Bila perlu dengan mencucinya dua kali dalam satu waktu. Diamkanlah rambut yang bersampo selama 5 menit sebelum membilasnya.

-Gunakanlah kondisioner hanya pada ujungnya saja. Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala.

-Jangan menyisir rambut terlalu sering karena sisir dapat menyebarkan minyak dari kulit kepala ke ujung rambut.

-Gunakan produk perawatan untuk rambut kering dan hindari produk yang bertujuan untuk membuat rambut berkilau karena dapat membuat rambut semakin berminyak.

 

Lenting pada kulit kepala Anda kemungkinan adalah bisul. Bisul atau folikulitis disebabkan karena infeksi bakteri pada daerah kulit berambut Anda. Hal ini dapat terjadi jika kelembapan daerah kepala Anda meningkat. Apakah Anda memiliki rambut yang lebat? Sering berkeringat? Sering memakai topi? Apakah Anda memakai produk rambut?

Untuk menghindarinya, disarankan untuk menghindari kelembapan di daerah tersebut dengan mengeringkan daerah kepala bila terlalu lembap berkeringat, tidak terlalu sering memakai topi atau penutup kepala, hindari pemakaian minyak rambut terlalu sering dan berlebihan serta mencuci rambut setiap hari atau setiap 2 hari.

Apabila keluhan masih berlanjut setelah Anda melakukan saran-saran di atas, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar