Sukses

Gatal di Buah Zakar

13 Jun 2017, 00:53 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, keluhan saya itu terasa gatal pada bagian kemaluan . Apalagi di bagian kantung buah zakar nya dok. Terus lama kelamaan , timbul semacam jerawat atau bisul di kantung buah zakar nya dan terasa sangat gatal . Lalu gatal menjalar pada bagian bawah perut , selangkangan , bokong , kadang juga di ketiak hampir seluruh tubuh . Trus di sela jari ada bintik2 melenting yg terasa gatal juga . Saya mengira ini gejala skabies Namaun setelah pemakaian salep skabimite keesokan hari nya Masi tetep terasa gatal . Sebenernya ini indikasi penyakit apa ya dok ?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Gatal pada buah zakar dan daerah selangkangan atau inguinal dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah dermatitis (peradangan pada kulit), infeksi bakteri, atau jamur. Hal ini umumnya dicetuskan karena beberapa faktor risiko, diantaranya adalah kondisi daerah inguinal yang lembab dan kurang terjaga kebersihannya, gesekan pada daerah paha, dan sering memakai pakaian dalam atau celana ketat yang menimbulkan kelembaban. Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung. Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi segera dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal, agar tidak terjadi perburukan keadaan yang akan semakin mengganggu Anda.

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat dievaluasi lebih lanjut. Kelainan kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung. Terapi yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Selain pengobatan, diperlukan juga menjaga agar daerah lipat paha tetap bersih dan tidak lembab. Mandi minimal 2 kali sehari, dan mengganti pakaian dalam bila sudah lembab dan mencuci dengan bersih setiap pakaian (tidak dipakai ulang beberapa kali).

Demikian kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar