Sukses

Haid Tidak Teratur

13 Jun 2017, 00:16 WIB
Wanita, 20 tahun.

Siang dok.. SYa kb 3 bulan dr awal januari hingga skrng dn gk kunjung haid, apakah itu normal ? Dan slesai brhubungan dg suami perut sya sakit serti saat haid bgtu pula pinggul sya,terima ksih mhon bantuannya dok l.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Sepertinya siklus haid Anda sedang mundur. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, dengan lama keluarnya darah haid berlangsung selama 2-8 hari. Apakah terdapat riwayat hubungan seksual sebelumnya? Haid memang dapat maju atau mundur 2-7 hari bergantung pada keseimbangan hormon tubuh wanita pada bulan yang bersangkutan. Terlambat haid tidak selalu menandakan kehamilan. Haid yang tidak teratur biasanya terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Haid yang tidak teratur dapat juga terjadi pada:

-Gangguan indung telur, misal: Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

-Stres dan depresi

-Sakit kronik

-Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

-Penurunan berat badan berlebihan

-Olahraga berlebihan, misal atlit

-Adanya tumor yang melepaskan estrogen

-Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi

-Penggunaan obat-obatan tertentu

-dsb

 

Agar lebih jelas, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut serta pemberian terapinya. Dokter akan melakukan wawancara medis yang mendetil dan kemudian melakukan pemeriksaan fisik dan diagnostik terkait. Dengan demikian penyebab keluhan Anda dapat diketahui dan Anda dapat memperoleh penanganan yang tepat.

 

Di samping itu mengenai, beberapa penyakit yang dapat menimbulkan keluhan seperti nyeri haid diantaranya:

-Endometriosis: Endometriosis adalah pertumbuhan kelenjar endometrium dan stroma yang berasal dari rahim. Pada endometriosis, lapisan yang menyerupai endometrium tumbuh dan ditemukan di luar rahim, berespon terhadap siklus menstruasi, namun lapisan endometrium yang berada di luar rahim tidak memiliki jalan keluar untuk perdarahan yang dialaminya setiap bulan sehingga lapisan disekitarnya akan meradang dan membengkak sehingga menimbulkan nyeri haid yang hebat.
-Penyakit Radang Panggul: infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimulai dari uterus dan dapat menyebar ke organ reproduksi lainnya.
Stenosis Serviks: penyempitan leher rahim. Gangguan ini sering disebabkan oleh adanya jaringan parut.
-Tumor (fibroids): perkembangbiakkan dari dinding dalam uterus

Jika nyeri haid timbul lebih lama dari 2-3 hari dan terasa sangat berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi sampai muncul keluhan mual, muntah, pingsan, Anda patut mencurigai adanya penyakit yang mendasari. Jika keluhan Anda sering terjadi sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat diketahui penyebab dari keluhan Anda. 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar