Sukses

Tumor Jinak Payudara

13 Jun 2017, 00:16 WIB
Wanita, 16 tahun.

Pertanyaan ini belum dijawab, tolong dijawab dok karena sangat penting :) Umur saya sekitar 16 hampir 17 tahun. Saya mempunyai tumor jinak di payudara saat setahun yang lalu. Ukurannya pun sudah sekitar 6cm,saya ingin melakukan operasi tapi masih merasa takut,saya berfikir nanti akan menjadi tumor ganas atau kanker. apakah operasi tidak akan memperburuk keadaan tumor jinak ini?. Hal yang masih membuat saya bertanya-tanya adalah jika tumor jinak dioperasi bisa saja nanti tumbuh lagi. Apakah ada tumor jinak yang setelah di operasi akan sembuh total dan tidak muncul lagi? Tolong dijawab dok.. Terima kasih:)

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih karena Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

FAM (Fibroadenomamammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (fam) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang. Kemungkinan besar memang tumor jinak tidak dapat berubah menjadi ganas, namun ada beberapa kasus terjadi progesi dari tumor. Jadi sebaiknya bila memang indikasi untuk diangkat sebaiknya diangat saja.

Penanganan FAM
Untuk mengatasi Tumor Payudara FAM atau jinak ini, anda bisa segera pergi ke dokter ahli bedah tumor dan kemudian melakukan sebuah operasi kecil untuk mengangkat tumor di payudara anda tersebut. Sayangnya belum diketahui ada obat atau vitamin yang dapat menghilangkan atau mencegah FAM.

Namun jika tumor yang dimaksud adalah tumor ganas, maka tentunya dokter perlu menelaah lebih lanjut kondisi tumor yang diderita serta mengevaluasi secara menyeluruh guna mendapatkan gambaran yang jelas dari kondisi yang dialami.
Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar