Sukses

Flek Pasca Minum Pil KB

12 Jun 2017, 23:29 WIB
Wanita, 21 tahun.

Sy wanita 21th, sudah menikah. Mau bertanya dok.. Terakhir sy haid tgl 2juni kemarin, lalu tgl 3 sy berhubungan setelah itu sy minum pil kb (karena mmg sdg menunda momongan). Kemudian tgl 7 sy kembali berhubungan. Keesokannya miss v sy mengeluarkan darah seperti haid, tp dgn frekuensi yg sedikit tetapi selama 3hari. Kira kira itu karena efek pil kb atau ada tanda tanda serviks dok? Terimakasih


Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pil KB terdiri dari 2 macam; kombinasi (sintetik estrogen-preparat progestin) dan non kombinasi (preparat progestin saja). Kedua jenis pil KB ini memang memiliki efek samping ringan seperti flek hingga pada beberapa orang berupa perdarahan yang lebih banyak. Jenis pil KB apa yang Anda konsumsi saat ini?

Pada pil KB kombinasi, efek samping ini umumnya hanya terjadi pada 3 bulan pertama. Namun flek juga dapat memiliki arti yang lain seperti endometrium (otot pada rahim) yang terlalu tebal- ini bukan suatu keadaan yang serius, efek hormonal dari ovulasi, fluktuasi hormonal dimana tubuh sedang menyesuaikan diri hingga kemungkinan adanya kegagalan KB. Namun pada pil KB yang berisikan progestin saja, umumnya efek samping ini lebih sering terjadi dibandingkan kombinasi dan terjadi dalam beberapa bulan pertama.

Mengenai alat kontrasepsi yang baik tentunya harus disesuaikan dengan usia Anda, waktu yang diinginkan untuk mengembalikan kesuburan, apakah sedang menyusui atau tidak, frekuensi pemakaian, kondisi kesehatan (misalnya: pil atau suntik yang berisi preparat progestin saja baik untuk ibu yang sedang menyusui, sedangkan pil atau suntik kombinasi sebaiknya tidak diberikan pada wanita >35 tahun, terdapat kelainan darah, jantung, tekanan darah tinggi atau riwayat stroke, dan memiliki kebiasaan merokok).

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai jenis-jenis dari alat kontrasepsi, Anda dapat mengakses artikel koleksi kami dengan judul artikel Keluarga Berencana (KB). Pertimbangkan terlebih dahulu dari semua sisi dan jangan langsung memberhentikan konsumsi pil KB yang sudah berjalan saat ini jika efek samping yang ditimbulkan hanya berupa flek, bukan perdarahan hebat. Konsultasikan dengan dokter ahli kebidanan dan kandungan jika keadaan tersebut berlangsung berlarut-larut untuk kemungkinan penggantian jenis KB. Selamat membaca!

0 Komentar

Belum ada komentar