Sukses

Kenali Gejala Vertigo

12 Jun 2017, 21:54 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok, setiap bangun tidur dan mulai berjalan pandangan saya menjadi gelap, kepala saya serasa pusing, tetapi tidak merasa mual. Jika dipaksa berjalan saya menjadi jatuh. Setiap berada di sekolah bangkit dari duduk saya juga merasa seperti itu dok. Apakah saya vertigo dok?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih sudah bertanya mengenai vertigo pada fitur Tanya Dokter

Sudah berapa lama keluhahan berlangsung? Apakah ada keluhan pusing berputar, mual, muntah dan bibir suka terasa tebal? Jika keluhan pusing berputar kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Kami tidak dapat meresepkan obat karena perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memang vertigo atau bukan, jika iya perlu dipastikan juga jenis vertigonya.

Berikut adalah artikel yang dapat Anda baca mengenai vertigo:

5-hal-yang-perlu-anda-tahu-tentang-vertigo

 

Di samping itu, rasa pusing yang Anda rasakan dapat diakibatkan karena perubahan posisi yang drastis (tiba - tiba). Kami menyarankan Anda untuk tidak langsung melakukan aktifitas pada saat bangun tidur, seperti memeriksa ponsel ataupun langsung berdiri setelah bangun tidur. Mudah mudahan hal sederhana ini dapat mengurangi keluhan yang Anda rasakan.

Keluhan Anda bersifat sangat umum dan dapat diakibatkan oleh banyak hal. Dapat karena asupan makanan yang kurang atau terlambat makan, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat atau jam tidur tidak mencukupi, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, ataupun tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter di puskesmas terdekat untuk diperiksa lebih jauh.

Namun ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kadar keluhan yang ada:

Tips Sederhana Mencegah Pusing Saat Bangun Tidur
Sementara itu, Anda dapat mencoba istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu).
Keluhan sakit kepala Anda juga dapat disebabkan karena kurang darah. 

Apabila hasil pemeriksaan kesehatan Anda normal, maka mungkin penyebabnya adalah karena Anda belum menjalani pola hidup sehat.

Jalani pola hidup sehat dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
Jangan langsung tidur setelah makan malam
Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
Hindari stres
Tidur cukup 7-8 jam/hari
Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30 menit.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar