Sukses

Penyebab Haid Lebih Lama

12 Jun 2017, 20:58 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok, sy perempuan 20th belum menikah. Yang ingin sy tanyakan, saya biasanya mens selama 7 hari kemudian sudah tidak keluar darah, hanya keluar lendir bening namun saat hari ke 14(dihiting dr hr pertama mens) keluar lendir dan darah disertai nyeri perut bagian bawah kadang disebelah kanan kadang disebelah kiri. Itu kenapa ya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Lamanya siklus menstruasi memang berbeda-beda pada setiap wanita ini dan hal ini dipengaruhi oleh sistem hormonal di dalam tubuh. Interaksi antara hormon yang dihasilkan oleh hipotalamus, hipofisis anterior dan indung telur (ovarium) terhadap dinding rahim (endometrium) menciptakan sebuah siklus menstruasi yang normalnya berlangsung setiap 21-35 hari selama 2-8 hari dengan jumlah berkisar antara 20-60 ml/hari. Jika siklus menstruasi terjadi diluar batas-batas normal yang telah disebutkan diatas, seperti yang anda alami saat ini, berarti telah terjadi gangguan dalam proses menstruasi dan hal ini perlu dievaluasi lebih lanjut.

Terdapat beberapa jenis gangguan siklus menstruasi mulai dari memendek/memanjangnya siklus menstruasi hingga timbulnya perdarahan, baik di dalam maupun di luar siklus menstruasi. Pada kasus anda, didapatkan darah haid yang berwarna hitam dan periode menstruasi memanjang (berlangsung selama 7-20 hari). Hal ini dapat terjadi akibat darah haid yang dihasilkan lebih banyak dari normal, dan dalam bahasa medis disebut menoragia, yaituperdarahan yang terjadi > 80ml pada siklus biasa. Adapun siklus menstruasi tidak teratur ini, umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormon di dalam tubuh, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama

Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)

Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30

Malnutrisi (kurang gizi)

Stres psikologis

Atlet

Kekurangan vitamin K

Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti obat anti pembekuan darah, kortikosteroid, pil kontrasepsi (KB), antipsikotik, tamoxifen, dll.

Kelainan pembekuan darah

Gangguan hormon tiroid

Kelainan pada kandung telur (PCOS)

Dan lain sebagainya

Karena banyaknya hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan keseimbangan hormon dalam diri anda, maka dibutuhkan evaluasi lebih lanjut untuk menentukan penyebab pasti suatu gangguan siklus menstruasi.

Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan jika lendir lebih banyak, dan warna kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman. Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan.

kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan tatalaksana yang lebih optimal.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar