Sukses

Flek Berkepanjangan Setelah Haid

12 Jun 2017, 18:05 WIB
Wanita, 40 tahun.

Monhon penjelasannya. Saya mengalami mentruasi sudah lebih dari 12hari di hari 1 hanya flek dihari ke 2 smp 4 keluar darah byk dan ada darah kentalnya. Hari ke 5 hanya keluar sedikit darah. Dihari selanjutnya smp saat ini hanya keluar 1 tetes dan untuk baunya tidak spt darah normal ini agak menyengat. Apa penyebabnyA ya Dok? Sebelumnya saya tidak memakai kontrasepsi danhaid lancar. Setelah saya menggunakan kontrasepsi suntik perubahan menstruasi saya ga normal lg. Dari Bidan tmp saya berobat KB menyarankan jika setelah pemberian suntikan KB tetap keluar darah bidan tsb akan memberikan obat utk menghentikan pendarahan. Apa kah dgn pemberian obat tsb akan berpengaruh utk kesehatan atau tidak?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika setelah selesai haid Anda masih mengalami flek-flek, maka kemungkinan Anda mengalami haid tidak teratur. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan haid tidak teratur, yaitu :

- Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS
- Pubertas atau hampir menopause
- Penggunaan kontrasepsi
- Obat-obatan tertentu
- Perubahan gaya hidup seperti olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim, stress
- Gangguan hormonal
Kondisi abnormalitas pada sistem reproduksi (seperti: kehamilan, gangguan hipotalamus atau pituitari, endometriosis dan kanker)

Sudah berapa lama hal ini Anda alami? Kami sarankan untuk berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk dapat mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami. Jangan terlalu lama menunda, karena perdarahan yang sering dan banyak dapat menyebabkan anemia, apalagi jika disertai dengan adanya nyeri perut.

Mengenai suntikan yang dianjurkan oleh Bidan Anda, dibutuhkan nama suntikan yang akan diberi sehingga kami dapat tahu efek bagi kesehatannya. Mungkin dapat ditanyakan lebih lanjut ke bidan yang dimaksud.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.
Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar