Sukses

Amankah Berhubungan Saat Hamil?

12 Jun 2017, 15:50 WIB
Pria, 21 tahun.

Pagi dok, mau nanya Kalau wanita yg sedang hamil melakukan hubungan seksual apakah mempunyai dampak negativ bagi janin dan juga buat sang ibu? Entah usia janin masih muda atau sudah tua. Makasih, sya tunggu jwbannya.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya tentang Hubungan Seks Saat Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Hubungan intim saat hamil tidak selalu dilarang. Namun, memang ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan ketika hendak berhubungan intim saat hamil. Pada dasarnya, bila kehamilan berjalan normal, tidak ada keluhan, tidak ada riwayat spotting atau perdarahan, hubungan intim dapat dilakukan sesering yang diinginkan.

Keguguran merupakan salah satu yang paling sering dikhawatirkan bila berhubungan intim saat hamil muda. Faktanya, yang menyebabkan janin keguguran bukanlah hubungan intim tersebut. Keguguran terjadi karena memang janin tidak bisa survive, yang sering disebabkan karena faktor kelainan genetik. Aktivitas seksual juga tidak membahayakan janin sebab janin dilindungi oleh otot rahim dan cairan ketuban. Ini perlindungan yang cukup dari berbagai faktor luar.

Jika Anda masih ragu, Anda dapat menggunakan posisi tertentu saat berhubungan intim. Posisi wanita yang berada di atas (woman on top) lebih dianjurkan oleh para dokter. Sebab, dalam posisi tersebut, janin tidak akan menekan pembuluh darah ibu seperti bila wanita dalam posisi berbaring.

Hal lain yang perlu diketahui, cairan sperma adalah mengandung zat yang dapat melebarkan leher rahim. Pelebaran leher rahim diperlukan agar ibu dapat melahirkan secara normal. Namun demikian, dari berbagai studi belum ditemukan hubungan yang kuat apakah cairan sperma dapat melancarkan kelahiran. Sebab, kelahiran dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu dari besarnya kekuatan ibu untuk mengejan, besar kepala bayi, posisi kepala bayi dan besar jalan lahir.

Selama kehamilan berjalan normal, Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan hubungan intim. Yang lebih penting selalu rutin berkonsultasi dan memeriksakan kehamilan Anda dengan dokter kandungan.

Berikut adalah artikel yang dapat Anda baca untuk lebih mengetahui mengenai hal ini

berhubungan-seks-saat-hamil-kenapa-tidak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Hubungan Seks Saat Hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar