Sukses

Mengatasi Gondongan

12 Jun 2017, 17:21 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok saya sudah 5 hari terkena gondongan sebelah kanan terus menjalar ke kiri saya sudah berobat ke dokter,, yg saya binggung kenapa bengkaknya sepertti menjalar ya,, sekarang sudah ke bagian leher pas tenggorokan,, itu hal biasa atau harus periksa lagi ya donk,, gimana ya solusinya,, saya takut kenapa2,,

 

Terimakasih telah bertanya seputar gondongan melalui fitur Tanya Dokter.

Gondongan merupakan infeksi kelenjar ludah (parotis) yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mudah menular dari satu orang ke yang lain melalui ludah, lendir hidung atau saat berciuman.

Gejalanya biasanya muncul 2 minggu setelah terpapar virus. Gejala-gejala awal berupa rasa lelah/lemas seluruh tubuh, nyeri/ngilu-ngilu sendi dan otot, sakit kepala, hilang nafsu makan, demam ringan. Beberapa hari berikutnya, demam bisa tinggi lebih dari 38,5 derajat. Kelenjar ludah yang terletak di pipi dekat telinga dapat membengkak dan nyeri.

Pengobatan gondongan hanyalah untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat gejala yang timbul. Karena ini disebabkan oleh virus, infeksinya akan menghilang dengan sendirinya (self-limiting disease). Berikut yang dapat Anda lakukan saat mengalami gondongan:

  • Beristirahat di kala lemas atau lelah.
  • Gunakan obat seperti parasetamol atau ibuprofen untuk menurunkan demam dan mengurangi nyeri.
  • Kompres dingin kelenjar yang membengkak.
  • Banyak minum agar tidak dehidrasi dan demam cepat turun.
  • Konsumsi makanan lunak seperti sup, yogurt, atau jus yang tidak sulit dikunyah. Ketika kelenjar membengkak, mengunyah akan menimbulkan nyeri.
  • Hindari makanan dan minuman yang asam karena dapat menambah nyeri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gondongan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar