Sukses

Adakah Keputihan Yang Normal?

12 Jun 2017, 15:53 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau bertanya , dok aku mengalami keputihan sudah beberapa bulan tetapi keputihan saya itu tidak sertai gatal bau ,keputihan saya kaya seperti air , kental seperti jelly , saya mengalami ini sudah beberapa bulan ,dok apa ini berbahaya ?dan cara untuk mengatasi agar tidak keputihan lagi harus bagaimana ? terimakasih dok.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum mengetahui apakah keputihan yang Anda alami berbahaya atau tidak, maka perlu diketahui dulu bagaimana cairan vagina yang normal.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan. Ini disebut keputihan fisiologi / normal. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi.

Kebalikannya, keputihan abnormal / patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau tidak enak, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal.

Keputihan yang Anda rasakan memiliki karakteristik yang lebih mengarah ke keputihan fisiologis. Untuk pencegahannya adalah menghindari faktor penyebab keputihan itu sendiri, sementara untuk pengobatannya dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan sekitar vagina Anda dengan cara mencuci menggunakan air bersih dan sabun.

Namun jika keluhan berlanjut dan mulai menimbulkan gejala lain, kami sarankan untuk menemui dokter Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai keputihan abnormal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar