Sukses

Penyebab Nyeri Punggung Atas

12 Jun 2017, 16:25 WIB
Pria, 24 tahun.

malam dok, saya mau tanya mengenai keluhan saya saya nyeri dibagian pundak dan punggung dan terkadang menjalar ke tangan dan sakit kepala, leher saya jadi terasa kaku kalau mau nengok kanan kiri, setiap jam 5 sore pulang kerja saya merasa meriang, tapi kalau saya suruh pegang badan saya, badannya gak panas, biasa aja, tapi perasaan saya kaya demam, saya mengalami ini sudah hampir satu minggu. saya sudah pakai obat piroxicam 10 mg, tapi saya merasa g berubah, saya ganti pct sama aja, trus saya minum ibufropen juga sama aja,saya sudah pakai beberapa macam krim buat penghilang rasa nyeri juga sama aja, itu kira" kenapa yah dok?

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri punggung atas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Dari riwayatnya, Anda mengalami nyeri pada punggung atas dan pundak yang menjalar ke leher, kepala dan tangan. Nyeri seperti ini kerap terjadi akibat postur yang kurang baik saat bekerja dan posisi kerja yang tidak ergonomis. Kebiasaan memanggul tas yang salah juga dapat berkontribusi. Otot mengalami tarikan dan regangan yang tidak normal sehingga timbul keluhan nyeri.

Nyeri punggung dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen (atau sejenisnya seperti piroksikam, meloksikam). Namun, obat-obatan ini hanya mengurangi keluhan tetapi tidak memperbaiki gangguan otot yang terjadi. Yang terpenting adalah menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Di samping itu, peregangan otot dan olah tubuh perlu rutin dilakukan agar postur Anda dapat membaik.

Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge

Terkait modifikasi lingkungan kerja agar postur dapat diperbaiki dapat Anda baca di sini: Nyeri Punggung Akibat Kerja. Untuk mengurangi sakit kepala dapat Anda baca di sini: Titik-titik Pijat untuk Atasi Sakit Kepala.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri punggung atas. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar